FaceApp dan Aplikasi Edit Foto dalam Tinjauan Ushul Fikih

FaceApp dan Aplikasi Edit Foto dalam Tinjauan Ushul Fikih

Perkembangan teknologi dan informasi yang cukup canggih semakin memberikan kemudahan manusia dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya karya inovatif yang menggegerkan netizen saat ini aplikasi yang bisa mengubah dan mengedit penampilan wajah seseorang. Tentu saja aplikasi dimaksudkan sebagai hiburan, tidak ubahnya aplikasi lainnya.

Namun, menjadi persoalan ketika aplikasi ditanggapi begitu serius dalam kerangka pendekatan agama. Tidak mengherankan apabila ada pendapat yang mengharamkannya dengan alasan mendahului takdir dan meraba-raba takdir tuhan apakah kita hidup sampai masa tua, dan ketika mulai menua, belum tentu wajah kita sama seperti yang digambarkan itu.  

Setidaknya ada beberapa dalil yang dikutip untuk menguatkan keharaman aplikasi tersebut. Allah berfirman dalam al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS. al-Hujurat:1).

Menurut Syaikh Abdurrahman as-Suhaim yang juga mengutip hadits Nabi, beliau menjelaskan:

لا يجوز التلاعب بِالصُّوَر ؛ لأن هذا مِن تغيير خَلق الله ، كما أنه داخل في معنىمُضاهاة خَلْق الله، وقد قال رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذَهَبَ يَخْلُقُ خَلْقًا كَخَلْقِي ، فَلْيَخْلُقُوا ذَرَّةً ، أَوْ لِيَخْلُقُوا حَبَّةً ، أَوْ لِيَخْلُقُوا شَعِيرَةً . رواه البخاري ومسلم

“Tidak boleh main-main dengan gambar (makhluk bernyawa). Karena ini termasuk mengubah-ubah ciptaan Allah. Sebagaimana itu masih termasuk dalam cakupan ‘menandingi ciptaan Allah’. Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Allah Azza wa Jalla berfirman: siapa yang lebih zalim dari orang yang menciptakan seperti ciptaan-Ku? (Siapa yang mau membuat gambar) maka buatlah gambar benih, biji, atau gandum”.” (HR. Bukhari – Muslim).

Baca Juga : Belajar Islam dari Nol dan Pentingnya Sanad Keilmuan Islam

Kedua dalil tersebut dijadikan landasan tidak bolehnya merubah atau memakai aplikasi photografi FaceApp yang saat ini lagi viral. Di sini saya akan mencoba untuk membedah dalam perspektif yang luas dan kontekstual terhadap kebolehan menggunakan aplikasi atau mengedit foto dengan aplikasi lainnya.

Melukis dalam Islam

Pada dasarnya hukum membuat gambar dengan tangan, kebanyakan para ulama mengharamkan karena termasuk perbuatan yang dilarang oleh Rasulullah, sebagaimana hadist  Rasulullah: “Sesungguhnya manusia yang paling keras siksaannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah para penggambar.” (HR. Al-Bukhari no. 5950 dan Muslim no. 2109)

Selain itu, Hadist Rasulullah yang berbunyi  :

لا تَدْخُلُ الْمَلائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ تَمَاثِيلُ أَوْ تَصَاوِيرُ

“Para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.” (HR. Muslim no. 5545).  

ImamQurtubi mengatakan bahwa Rasulullah melaknat orang yang menggambar atau melukis. Bahkan dikatakan malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing, lukisan, patung, dan orang yang junub. Dasar ini yang dijadikan sandaran oleh para ulama dalam menetapkan keharaman membuat lukisan itu.

Pertanyaanya adalah apakah foto dengan aplikasi APP itu masuk dalam kategori tashwir (membuat lukisan atau bukan) ?. Persoalan ini berbeda dan harus dianalisa kembali dengan metodologi Ushul Fiqh. Dalam Ushul Fiqh setiap hukum mempunyai illat atau sebab. Dalam kasus tashwir, keharaman membuat gambar itu adalah  karena adanya al-Idahah (menyerupai lukisan itu).

Imam Ali as-Shobuni berpendapat bahwa foto dengan aplikasi tidak termasuk kategori tashwir (lukisan) yang dilarang oleh Rasulullah, karena definisi tashwir itu lebih melekat pada membuat lukisan dengan tangan. Sedangkan foto yang menggunakan alat aplikasi yang sudah didesain tidak termasuk pada kategori tashwir.

Hal yang terpenting dalam kasus aplikasi fotografi adalah bahwa di dalamnya tidak ada unsur menciptakan sesuatu dengan menyerupai makhluk Allah, sedangkan tashwir yang dimaksud oleh Imam as-Shobuni  di atas  semisal melukis kuda dan patung dengan tangan. Hal itu dapat dikategorikan lukisan yang menyerupai ciptaan makhluk Allah yang jelas ketidakbolehannya.  (Baca illat keharaman Tashwir – Tafsir ayat Ahkam ).

Menimbang Maslahah

Lebih-lebih dalam kasus fotografi ada unsur Maslahah, misal untuk membuat KTP, Kartu pelajar, Daftar Calon Dewan, dll maka aplikasi/photografi itu tidak masuk dalam tashwir yang diharamkan, justru harus dilakukan untuk kemaslahatan tertentu. Sejatinya, keharaman tashwir (lukisan) menurut as-Shabuni terletak bukan karena menyerupai mahluk Allah, akan tetapi illat dari diharamkannya tashwir itu adalah menjadikan gambar (lukisan) itu sebagai bentuk peribadatan.

Lukisan diharamkan karena dikhwatirkan menjadi sarana dan media untuk peribadatan yang menghantarkan umat jatuh dalam kesyirikan. Dengan demikian, apabila lukisan dan gambar itu tidak terkait peribadatan, namun dijadikan sesuatu yang bernilai astistik dan keindahan semisal hiasan ruangan dan hiasan dinding,  maka tashwir itu boleh boleh saja digunakan.

Kembali lagi pada aplikasi fotografi yang menggambarkan seseorang yang wajahnya muda menjadi tua, apabila mengikuti analisa Imam as-Shobuni memanfaatkan aplikasi tersebut tidak menjadi soal. Aplikasi tersebut tidak menjadi haram karena alasan menyerupai makhluk Allah atau lebih tragis lagi mendahului takdir. Di dalam aplikasi itu tidak ada unsur taswir/melukis dan tidak ada unsur untuk  disembah akan tetapi hanya untuk main main.

Justru dalam aplikasi ini terdapat maslahah yang bisa kita petik. Seolah menggambarkan usia tua kita justru akan menyadarkan bahwa usia sejatinya tidak langgeng dan setiap kita akan menjadi tua. Inilah pentingnya mengingat waktu tua yang mendorong ingatan akan kematian. Megingat mati justru dianjurkan oleh Rasulullah, karena hal itu bisa menghidupkan hati seseorang.

Wallahu a’lam

*Farida Asy’ari ( Alumni Ma’had Aly situbondo  dan Dosen Agama Politeknik Negeri Pontianak)

Comment

  • Dhea Vanny
    2 weeks ago
    Alhamdulillah sy bisa lebih banyak tau tentang agama dr artikel ini🥰
  • Rozi Indrawan
    2 weeks ago
    Artikel ini sangat bermanfaat dan mengajarkan kita untuk tahu terlebih dahulu tentng agama dalam menggunakan kecanggihan teknologi di era ini
  • Darus tomi
    2 weeks ago
    Artikel ini sangat menambah wawasan kita dalam beragama islam...
  • Bagus fahmi ramadhan
    2 weeks ago
    Alhamdulillah saya dapat ilmu baru
  • Riky haris
    2 weeks ago
    Alhamdulillah Untung belum pernah memakainya.😇
  • Doni supiandi
    2 weeks ago
    Alhamdulillah bagi kawan 2 yg lain tolong di share berita seperti ini supaya generasi kita tidak lg salah
  • Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi khalayak umum
  • M septiadi
    2 weeks ago
    Alhamdulillah untuk belum pernah pakai dan bertambah ilmu lagi.
  • Alhamdulillah banyak sekali pengetahuan yang didapat dari artikel ini
  • Heny Zulianingsih
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel ini bisa mengajarkan bagaimana menghadapi teknologi tanpa terjebak dalam kesalahan
  • Neza Alfiandah
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi kami:)
  • Neza Alfiandah
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi kami:)
  • rahman
    2 weeks ago
    sangat luar biasa, mantap. menambah ilmu pengetahuan.
  • Nurul Hidayati
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel ini dapat mengajarkan kita untuk tidak menggunakan teknologi yg bisa melanggar kaidah islam
  • Evi Intan Heriaty
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan
  • Jafri
    2 weeks ago
    artikel ini sangat bagus dan dapat menambah ilmu pengetahuan
  • Mahmuda Maria Ulfa
    2 weeks ago
    Masyaallah ternyata ada aplikasi yang kita tidak ketahui ternyata tidak baik, semoga dengan adanya artikel ini bisa menyadarkan orang orang agar bisa memilah aplikasi yg baik
  • Sinta Pramudia
    2 weeks ago
    Ternyata aplikasi faceapp tidak baik, Alhamdulillah dari artikel ini saya menjadi tau
  • Iriani widya hastuti
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuansemoga dengan adanya artikel ini bisa membuat orang orang agar bisa memilah aplikasi yg baik
  • Anggi rantau septiani
    2 weeks ago
    Artikel ini sangat bermanfaat dan memberikan ilmu baru. Alhamdulillah, yang disampaikan juga bermanfaat skrang ini
  • Atika janidya
    2 weeks ago
    Alhamdulillah saya lebih banyak mengetahui dari artikel ini
  • Annisa Fairuz Azizah
    2 weeks ago
    MasyaAllah sangat bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak hanya mengikuti tren tapi kita juga harus dapat memilah mana yang baik dan mana yang tidak
  • Selly febriany
    2 weeks ago
    Alhamdulillah artikel ini menambah pengetahuan saya.
  • Diah Nuryaniarti
    2 weeks ago
    MashaAllah artikel ini menambah pengetahuan saya. Terima kasih kepada yang mengirim artikel ini, karena menambah pengetahuan, dari yang kita tidak tahu menjadi mengerti.
  • debi shafira
    2 weeks ago
    Masyaa Allaah.. artikel ini sangat cocok bagi kaum milenial yang sangat mudah dipengaruhi teknologi dunia.. sungguh artikel ini sangat berguna
  • Ria Evroditha
    2 weeks ago
    Alhamdulillah terima kasih banyak artikel ini sangat menambah ilmu dan wawasan saya dan kita semua mengenai kebijaksanaan dalam menggunakan social media apakah sudah sesuai atau tidaknya dengan perintah, ketentuan dan larangan allah SWT. dalam Al Qur'an dan Hadits . Dan Alhamdulillah saya belum pernah menggunakan aplikasi yang membuat saya terlihat lebih tua atau berjenggot dan berkumis. 😊
  • Tantry Imelia
    2 weeks ago
    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini menjadi menambah wawasan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi.
  • Nur Hijarh HN
    2 weeks ago
    Sangat bermanfaat👍
  • Ina hardianti
    2 weeks ago
    Alhamdulilah manfaat dan tau rupa nya mengguna kan aplikasi APP tidak baik
  • Youda junior
    1 week ago
    Alhamdulillaj, sebelunya tidak.mengegahui sekarang sudah mengetahui, artikel ini sangat bagus , semoga bermannfaat juga bagi teman teman yang lain amiin
  • Alhamdulillah, artikel ini sangat penuh dengan ilmu kehidupan dan sangat bagus di share kepada teman" yang belum mengetahui nya🙏
  • Syarifah Maulidia
    1 week ago
    Alhamdulillah dengan adanya artikel ini saya bisa lebih baik lagi untuk menggunakan teknologi dengan baik pada zaman sekarang.
  • Tri Mardata
    1 week ago
    Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat bagi saya sendiri dan juga termasuk teman-teman semua, didalam artikel ini mengandung hikmah dimana kita sebagai manusia tidah boleh menghendaki sesuatu terutama dalam bentuk wajah sendiri yang diubah ke bentuk wajah yang lebih tua karena itu hanya rahasia allah.

LEAVE A COMMENT