4 Hal Perbedaan Laki-laki dan Perempuan dalam Shalat

Shalat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam baik laki-laki maupun perempuan. Praktek ibadah shalat pun antara keduanya sama. Namun, ada beberapa hal yang berbeda antara laki-laki dan perempuan dalam shalat.

1.   Ketika ruku’ dan sujud. Ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan ketika melakukan ruku dan sujud. Bagi laki-laki harus merenggangkan antara kedua siku dari kedua lambungnya dan mengangkat perut agar menjauh dari kedua paha. Sementara bagi perempuan, bagian-bagian tersebut disempitkan agar saling merapat. Artinya, pada dalam ruku dan sujud posisi perut menempel pada kedua paha. Kedua lututnya saling menempel, begitu pula kedua kakinya.

2.   Mengeraskan dan memelankan suara. Bagi laki-laki mengeraskan suara bacaan pada shalat-shalat jahriyah dan membaca suara rendah pada shalat sirriyah. Sedangkan bagi perempuan apabila shalat di sekitar para laki-laki bukan mahram disunnahkan untuk merendahkan suara walaupun pada saat shalat jahriyah.

Baca juga : Ingin Shalat Tahajud, Tapi Suami Minta Berhubungan Seks, Mana Yang Diutamakan?

3.   Mengingatkan Imam yang lupa. Bagi laki-laki apabila Imam lupa salah satu rukun dalam shalat dianjurkan membaca bacaan tasbih, subhanallah dengan niat dizkir dan mengingatkan. Sementara itu, bagi perempuan jika ingin mengingatkan imam caranya dengan menepuk tangan kanan pada punggung tangan kiri.

4.   Aurat dalam shalat. Bagi laki-laki yang harus ditutupi dalam shalat antara pusar dan kedua lututnya. Sementara aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangannya.

Inilah perbedaan antara laki-laki dan perempuan ketika shalat. Selebihnya gerakan dan bacaan shalat baik laki-laki maupun perempuan sama. 

Comment

LEAVE A COMMENT