Generasi Islam Milenial Harus Cerdas dan Pahami Agama Dengan Baik

Belitung – Generasi muda islam sebagai generasi islam melenial harus cerdas dan memahami agama dengan baik. Itu penting karena sebagai generasi Z, generasi islam milenial selalu digoda oleh segala bentuk informasi gadget, termasuk informasi sampah, bahkan hoaks.

“Generasi muda islam harus meningkatkan kecerdasan dalam berpikir dan beragama. Maka dari itu tebarkan kedamaian dimana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin saat membuka Perkemahan Rohis Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018 di Bumi Perkemahan Belitung, Senin (5/11/2018). Perkemahan itu akan berlangsung sampai 10 November 2018.

Baca juga : Subhanallah, Polwan Indonesia Berhasil Bangun Masjid di Sudan

Acara yang mengambil tema “Membentuk Genersi Islam Yang Literat dan Moderat” ini merupakan bagian dari gerakan moderasi Islam di kalangan pegiat kerohanian Islam di sekolah yang diprakarsai oleh Kementerian Agama RI.

Selain itu, Menag juga mengungkapkan bahwa pemahaman agama Islam yang parsial dan dangkal dapat memicu radikalisme dalam beragama. Ia menjelaskan bahwa penafsiran dalam beragama itu bisa berbeda dan itu harus dihargai dan hormati sejauh mengajak untuk memelihara harkat, derajat dan martabat kemanusiaan.

“Ketika ada yang menjelaskan islam tapi isinya merendahkan kemanusiaan maka sesungguhnya itu bertolak belakang dengan esensi Islam,” ujarnya dari dikutip Nusantaranews.co.

Dalam perkemahan ini sebanyak 1200 pegiat Kerohanian Islam (Rohis) SMA/SMK dari 34 provinsi di Indonesia dikumpulkan di Bumi Perkemahan Juru Sebrang, kabupaten Belitung. Acara ini diikuti oleh 1123 peserta dari 621 SMS/SMK dari 298 Kabupaten Kota yang digelar pada 5-10 November ini.

Comment

LEAVE A COMMENT