Kenalkan Islam, Muslim Irlandia Gelar ‘Open Mosque’

Laois, Leinster – Kalau saat Idul Fitri banyak orang yang menggelar open house, beda dengan Komunias Muslim Irlandia. Berstatus minoritas, mereka terus berupaya menjalin silaturahmi kepada penduduk lokal agar bisa mengenal Islam secara keseluruhan yaitu Islam sebagai agama yang damai dan penuh toleransi.

Salah satu satunya dilakukan oleh Komunitas Muslim di Laois, di Irlandia Selatan Midlands di provinsi Leinster. Akhir pekan ini, mereka menggelar ‘open masjid’ dengan mengundang warga lokal untuk tur rumah ibadah.

"Ini juga merupakan kesempatan bagi orang-orang untuk datang dan mengajukan pertanyaan yang mungkin mereka miliki tentang Islam dan Muslim," kata penyelenggara acara tersebut, dikutip dari Leinster Express via aboutislam.net.

"Open Mosque ini akan lengkap dengan informasi, sejarah, karya seni, artefak dan sastra tentang Islam dan Muslim."

Baca juga : Muslim Skotlandia Rayakan Maulid Nabi Dengan Berbagi Bunga

Dalam acara yang diselenggarakan di Rehman House, Dublin Road, Portlaoise, Muslim mengundang komunitas lokal untuk bertemu Muslim Irlandia yang tinggal di kota dan sekitarnya. Makanan tradisional juga akan disajikan kepada pengunjung untuk memberi mereka 'rasa' gaya hidup yang merupakan bagian menjadi Muslim.

"Juga akan ada forum diskusi singkat di mana anggota masyarakat akan dapat mendiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang Islam dan Muslim," kata penyelenggara.

Acara ini berlangsung pada 1 Desember dan masjid akan terbuka untuk pengunjung dari 12 siang hingga 5 sore.

Mulai tahun 2015, hari 'Visit My Mosque' di seluruh Inggris diadakan setiap bulan Februari. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan hubungan masyarakat yang lebih baik dan mengurangi kesalahpahaman tentang Muslim di Inggris dengan mendidik masyarakat tentang kegiatan masjid.

Dimulai dengan sekitar 20 masjid pada acara pertama tiga tahun lalu, hari 'Visit My Mosque' tumbuh lebih dari 80 masjid pada tahun 2016 dan telah dilaporkan secara luas di media Inggris dan internasional. Tahun ini, jumlah ini melebihi 200 masjid.

Comment

LEAVE A COMMENT