Masjid Adalah Awal Peradaban Islam Yang Dibangun Nabi Muhammad SAW

Masjid Adalah Awal Peradaban Islam Yang Dibangun Nabi Muhammad SAW

Jakarta – Nabi Muhammad SAW menjadikan masjid sebagai awal peradaban Islam. Itu dilakukan Nabi Muhammad SAW saat mengawali hijrah dari Mekah ke Madinah dengan membangun Masjid Quba. Dari Masjid Quba itulah awal peradaban kota Madinah dan Umat Islam pada umumnya.

"Madinah sebagai kota peradaban dimulai dari masjid," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Abdul Ghani saat halaqah dengan tema Masjid sebagai Benteng Pertahanan dan Pemakmuran NKRI di Hotel Takes and Mansion, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Baca juga : Mengembalikan Fungsi Masjid

Kiai Abdul Manan menceritakan, saat untanya berhenti, Nabi langsung bertanya kepada para sahabatnya tentang kepemilikan tanah yang untanya duduki itu. Sahabat pun menjawab tanah itu milik Sahal dan Suhail. Lalu, tanah itu pun dibebaskan dan dijadikan masjid oleh Nabi.

"Ini masjidku," kata Kiai Manan menirukan ucapan Nabi.

Lebih lanjut, kiai yang pernah menjadi ketua LTM PBNU itu juga menjelaskan bahwa masjid merupakan tempat yang strategis. Tetapi, hal tersebut diabaikan begitu saja. Di masjid, terdapat kiai, muadzin, imam, khatib, hingga jamaahnya itu, menurutnya, perlu disapa. Letak strategis masjid juga pada perputaran keuangannya.

Oleh karena itu, Kiai Manan menekankan bahwa LTM harus menghidupkan masjid mengingat tempat tersebut merupakan sentra kegiatan. "Lembaga Takmir Masjid harus hidup karena di situ pusat kegiatan," ujarnya dikutip dari nu.or.id.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengurus tanfidziyah dan pengurus LTM dari tujuh provinsi di Indonesia.

Comment

LEAVE A COMMENT