Mo Salah, Rajin Beribadah, Prestasi Mengkilap, Terpilih Menjadi Pemain Terbaik FSF 2018

London – Bintang Liverpool yang juga seorang muslim yang taat ini, Mohamed Salah terpilih sebagai pemain terbaik 2018 dalam polling yang digelar Federasi Suporter Sepakbola Inggris dan Wales (FSF).

“Terima kasih atas penghargaan ini, itu sangat berarti bagi saya karena dipilih oleh pendukung. Biasanya saya berbagi penghargaan dengan rekan tim saya dan semua staf di Liverpool, tetapi pada kesempatan ini saya ingin juga mendedikasikannya untuk para penggemar Liverpool untuk dukungan luar biasa mereka. Terima kasih,” kata Mo Salah dikutip dari situs resmi Liverpool FC.

Salah adalah anggota trio muslim di Livepool bersama Sadio Mane dan Xherdan Shaqiri. Trio ini saat ini menjadi jantung utama permainan Liverpool yang masih berkejaran dengan Manchester City dalam perburuan gelar juara musim 2018-2019.

Dalam polling yang diikuti lebih dari 366 ribu suporter ini, Salah mengalahkan beberapa kandidat lain seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Eden Hazard, Harry Maguire hingga Virgil van Dijk.

Sejak perkenalan pertama penghargaan ini pada 2013 silam, Salah menjadi pemain Liverpool ketiga yang memenanginya setelah Luis Suarez pada edisi pertama serta Philippe Coutinho pada edisi 2016 lalu.

Baca juga : Ulama Lebanon Berharap Peradaban Indonesia Jadi Percontohan di Dunia

Pemain fenomenal asal Mesir ini bergabung dengan The Reds pada musim panas 2017. Prestasi terakhir ini makin menambah panjang daftar penghargaan individu yang diraih Mo Salah, termasuk Pemain Pemain Terbaik PFA Tahun Ini, dan Pemain Sepakbola FWA Tahun Ini untuk 2017-18. Dia juga pemain terbaik Afrika tahun ini.

Pesepakbola Muslim adalah pemain termahal keempat dunia dari sudut pandang nilai transfer oleh CIES. Salah memulai karir seniornya dengan klub El Mokawloon di Liga Premier Mesir pada tahun 2010, tidak lama setelahnya dia bergabung dengan FC Basel dari Swiss dengan biaya yang tidak diungkapkan.

Di Swiss, ia memenangkan liga dan SAFP Golden Player Award. Performa Salah kemudian menarik Chelsea dan membawanya ke Liga Premier. Salah bergabung dengan klub milik konglomerat Roman Abramovich ini dengan biaya 11 juta poundsterling pada tahun 2014. Kemudian, dia pergi dengan status pinjaman ke klub Serie A, Fiorentina dan Roma.

Di Roma, Mo Salah tampil mengesankan dengan membawa Serigala Ibukota menjadi runner up Serie A pada 2017. Penampilan itulah yang membuat Liverpool kepincut dan memboyongnya ke Anfield dengan rekor transfer £ 36.9 juta.

Dia memecahkan rekor skor klub pada musim debut, menerima Golden Boot Liga Premier setelah mencatat 32 gol dalam 36 pertandingan liga. Dia juga menjadi pemain pertama yang memenangkan tiga penghargaan Premier League Player of the Month di musim yang sama. Selain itu, ia berada di posisi ketiga dalam penghargaan untuk Pemain Pria FIFA Terbaik 2018.

Dengan tim nasional Mesir, Salah memenangkan medali perunggu di Piala Afrika U-20, dan berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA U-20 2011 dan Olimpiade Musim Panas 2012.

Ia dianugerahi CAF Most Promising African Talent of the Year pada tahun 2012. Melakukan debutnya dengan tim nasional senior pada tahun 2011, ia membantu Mesir mencapai final Piala Afrika 2017, dan ia menjadi pencetak gol terbanyak selama kualifikasi CAF untuk membantu tim lolos ke Piala Dunia FIFA 2018.

Comment

LEAVE A COMMENT