''MUI Berkhidmah'' Sebar Dai di Bumi Papua

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan program ‘MUI Berkhidmah’. Peluncuran itu dilakukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernasa) MUI di Raja Ampat, Papua, Kamis (22/11/2018). ‘MUI Berkhidmah’ adalah program menyebarkan dai di sejumlah kota dan kabupaten di Papua.

"Ada sembilan dai angkatan pertama yang akan ditempatkan di beberapa kabupaten atau kota se-Papua," kata Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat M Cholil Nafis dikutip dari detik.com.

Menurut Cholis, para dai itu nantinya akan bertuas memberikan himayah (perlindungan umat), ri'ayah (bimbingan umat), dan taqwiyah (pemberdayaan umat). Himayah umat ditujukan untuk menjaga masyarakat dari aliran sesat dan paham radikalisme terorisme. Ri'ayah ummah adalah bimbingan umat dalam memahami ajaran agama, mulai mengaji Alquran sampai masalah kematian. Sedangkan taqwiyah ummah adalah untuk pemberdayaan umat dalam merefleksikan keumatan dan kebangsaan.

Cholil mengatakan sembilan dai itu akan ditugaskan di Papua selama setahun. Nantinya, bila dirasa masih diperlukan, akan ditambah dai lain dan masa tugasnya diperpanjang.

Comment

LEAVE A COMMENT