Muslim Arab Saudi Gelar Salat Gaib Untuk Jamal Khashoggi

Jeddah - Umat Islam di Arab Saudi menggelar Salat Gaib untuk jenazah jurnalis Jamal Khashoggi, Jumat (16/11/2018) kemarin. Salat akan dilaksanakan di Mekkah dan Madinah usai Salat Jumat.

Jaksa penuntut Arab Saudi Kamis kemarin memastikan Khashoggi menjadi korban pembunuhan. Dia dibius lalu jasdnya dimutilasi di kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Ini merupakan pengakuan resmi pertama dari pengadilan mengenai bagaimana cara kontributor The Washington Post itu dihabisi.

Putra Khashoggi, Salah, sebelumnya mengatakan, akan menerima tamu yang akan bertakziyah mulai Jumat hingga Minggu (18/11/2018) di kediamannya di Jeddah.

Baca juga : Ada Tsunami Hoax dan Fitnah, KH Ma’ruf Minta Pertolongan Allah

Hingga saat ini keberadaan jasad pria yang meninggal di usia 59 tahun itu masih misterius. Jaksa tak menyebut di mana jenazah Khashoggi disembunyikan, namun hanya menjelaskan potongan tubuhnya diserahkan kepada seorang agen di luar kantor konsulat.

Spekulasi lain menyebut, jasad Khashoggi dimusnahkan menggunakan cairan kimia. Hal ini sejalan dengan hasil penyelidikan tim dari Turki yang mendapati bekas bahan kimia di kantor konsulat.

Salah sudah meminta kepada pihak bertanggung jawab untuk mengembalikan jasad ayahnya agar bisa dimakamkan dengan layak, namun sampai saat ini tak ada yang bisa mengungkap.

Sementara itu jaksa penuntut Saudi menyatakan lima pejabat menghadapi hukuman mati karena terlibat pembunuhan Khashoggi. Menurut jaksa, perintah pembunuhan dikeluarkan wakil kepala intelijen.

Comment

LEAVE A COMMENT