Muslim Kanada Desak Pemerintah Tetapkan Hari Anti Ujaran Kebencian dan Intoleransi

OTTAWA - Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) telah mengirim surat terbuka kepada pemerintah Kanada yang mendesak untuk menetapkan 29 Januari sebagai hari nasional menentang ujaran kebencian dan intoleransi.

Tanggal 29 Januari adalah hari peringatan penembakan massal tahun 2017 di Pusat Kebudayaan Islam Kota Quebec, di mana enam jamaah terbunuh dan 19 lainnya luka-luka ketika seorang pria bersenjata, Alexandre Bissonnette, melepaskan tembakan setelah akhir doa malam.

"Ketika kami mendekati peringatan kedua serangan itu, kami tidak mau mengakui bahwa rasisme dan ujaran kebencian yang mendukung serangan itu," membaca surat terbuka.

“Menurut angka terbaru, kejahatan berupa ujaran kebencian dan diskriminasi terhadap kelompok minoritas dan komunitas pribumi di Kanada sedang meningkat, dan empat dari sepuluh kejahatan tersebut adalah kekerasan.”

“Serangan baru-baru ini terhadap agama, ras dan minoritas lainnya di Kanada telah menunjukkan bahwa tidak ada satu pun komunitas yang dapat memerangi kebencian ini sendirian. Sebaliknya, sebagai orang Kanada, kita harus bersatu dan bersatu, tidak hanya melawan Islamophobia tetapi melawan semua bentuk kebencian,” tambahnya.

Surat itu telah didukung oleh lebih dari 100 organisasi Muslim Kanada, kelompok lintas agama, dan mitra masyarakat, termasuk Centre Culturel Islamique de Québec (CCIQ). NCCM sebelumnya menyerukan kepada pemerintah untuk menunjuk Hari Peringatan dan Aksi Nasional pada Islamophobia setelah serangan Islamofobia yang mengerikan di Pusat Kebudayaan Islam Kota Quebec.

"Tidak ada keraguan bahwa untuk komunitas Muslim dan banyak lainnya di Kanada, 29 Januari akan selalu dikaitkan dengan serangan Masjid Kota Quebec," kata Direktur Eksekutif NCCM Ihsan Gardee dikutip dari aboutislam.net.

“Dengan memperluas seruan kami untuk menyatukan komunitas-komunitas dalam perjuangan melawan kebencian, kami mengirim pesan yang jelas kepada mereka membuat perpecahan di antara orang Kanada. Terlepas dari apakah itu pintu kami atau pintu tetangga kami, ketika kebencian dan intoleransi datang mengetuk kami akan selalu ada untuk satu sama lain dan siap melawannya, ”tambahnya.

NCCM adalah organisasi independen, non-partisan dan nirlaba yang merupakan suara utama untuk keterlibatan sipil Muslim dan Hak Azasi Manusia (HAM).

Comment

LEAVE A COMMENT