Ormas Harus Berlomba Raih Penghargaan Khusus Demi NKRI Seperti Ansor

Jakarta – Organisasi Masyarakat (Ormas) di Indonesia harus berlomba untuk meraih penghargaan khusus demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seperti yang diraih Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). Pasalnya penghargaan ini tidak hanya sekadar menjadi kebanggaan bagi Ansor, tapi juga menjadi pengakuan bahwa organisasi otonom Nahdlatul Ulama (NU) itu terbukti konsisten mengabdi dan berperan bagi kepentingan bangsa dan negara. 

GP Ansor meraih penghargaan pemerintah sebagai ormas kategori khusus 2018.  Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Selain GP Ansor, Kemendagri juga juga memberikan penghargaan kepada 15 ormas yang dinilai memiliki peran penting dalam partisipasi dan bakti kepada bangsa.

“Alhamdulillah, senang sekali mendengar kabar GP Ansor mendapatkan Penghargaan Ormas Kategori Khusus 2018 dari Pemerintah melalui Kemendagri. Selamat buat Ketum Gus Yaqut Cholil Qoumas dan seluruh kader Ansor,” ujar Salah seorang Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor M. Luthfi Thomafi, Selasa (6/11), dikutip dari nu.or.id.

Baca juga : Jangan Seret Agama Untuk Kepentingan Politik

Ketua Bidang Kaderisasi PP GP Ansor Ruchman Basori menyampaikan, pengakuan atas prestasi dan komitmen kebangsaan bisa datang dari mana saja. Menurutnya, penghargaan berkat kegigihan dan komitmen GP Ansor menjaga NKRI dan Pancasila hingga babak belur dicaci dan di-bully oleh penentangnya. 

 “Selamat buat Ketum Gus Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen Abdul Rochman, dan seluruh kader Ansor dimana saja berada. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat dan pengakuan atas apa yang dilakukan Ansor untuk bangsa ini,” ungkap Ruchman.

Penghargaan diberikan dalam acara Forum Kordinasi Nasional Ormas dan Anugerah Ormas Award Tahun 2018 di Hotel Red Top, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (6/11). Penghargaan diberikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo menjelaskan setiap warga negara memang diberikan kebebasan untuk berpartai, berkumpul dan berserikat sebagaimana diatur dalam UUD 1945. Tjahjo menyebut hingga saat ini ada 395.454 ormas yang tercatat di kementerian dan lembaga.

"Peran ormas saya kira jelas memberikan kontribusi keutuhan NKRI, menjaga tegaknya Pancasila, bersatunya kemajemukan bangsa termasuk menjaga keutuhan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa," jelasnya.

Comment

LEAVE A COMMENT