Sejumlah Negara Muslim, Termasuk Indonesia Ramaikan Bazar Natal di Athena

Athena -  Perbedaan agama bukan menjadi kendala untuk bersama-sama menyambut perayaan Hari Natal. Terbukti sejumlah negara muslim, termasuk Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tumpah ruah mengikuti bazar Natal tahunan "Christmas Bazzar" di Kota Athena, Yunani. 

Kegiatan amal yang dikelola Friends of the Child ini secara keseluruhan diikuti 38 negara, yang umumnya diwakili oleh kedutaan atau konsulat masing-masing negara.  Dalam siaran pers KBRI Athena yang diterima, Rabu (28/11/2018), disebutkan, bazaar yang dilaksanakan pada 24-25 November 2018 lalu, dikunjungi tak kurang dari 3.000 orang. 

Hasil penjualan dari kegiatan bazaar ini disumbangkan untuk biaya pendidikan, pengobatan, dan kehidupan sehari-hari anak-anak dari keluarga kurang mampu. Pada tahun 2017 lalu, asosiasi amal ini telah membantu 250 keluarga, dan 400 anak-anak yang mengalami masalah finansial. Natal memang identik dengan peringatan hari raya umat Kristiani. Namun, pemandangan yang terlihat dalam acara di Athena ini agak berbeda. 

Tidak hanya Indonesia, acara yang berlangsung di Helexpo Marousi Athena itu pun diikuti oleh berbagai perwakilan negara Muslim lain seperti Iran, Mesir, Pakistan, Malaysia, Turki, Lebanon, dan Banglades.

Baca juga : Muslim dan Yahudi Skotlandia Bersatu Lawan Kebencian, Islamofia, dan Anti Semit

“Di sini kita melihat toleransi yang nyata dalam kehidupan beragama,” ungkap Duta Besar RI untuk Yunani, Ferry Adamhar dikutip dari kompas.com.

Menurut Ferry, hal itu sesuai dengan ungkapan bahwa semua manusia bersahabat dalam kemanusiaan. “Indonesia sebagai bagian dari insan dunia, turut ambil bagian untuk mendukung misi kemanusiaan itu sendiri," kata dia.

"Sekaligus (kita) melakukan promosi budaya, makanan, dan produk Indonesia ke masyarakat asing,” sambung Ferry Adamhar. Selain negara-negara tersebut di atas, terdapat juga stan dari Ukraina, Kolombia, Romania, Yunani, Afrika Selatan dan sebagainya. 

Gerai Indonesia Indonesia telah mengikuti kegiatan International Christmas Charity Bazaar ini sejak tahun 2001. Tahun ini gerai Indonesia menjual makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, spring rolls, bakso, dan sate ayam. Selain makanan, Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan sebagai wakil KBRI juga menyuguhkan promosi pakaian batik dan kerajinan tangan khas Indonesia.

Comment

LEAVE A COMMENT