TGB Ingatkan Semua Pihak Harus Jaga Adab dan Akhlak

Mataram – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) mengingatkan semua pihak harus menjaga adab dan akhlak dalam menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Ini penting untuk menjaga persaudaraan dan kedamaian di tengah perbedaan yang ada.

"Urusan politik jangan korbankan persaudaraan. April kan selesai, dendeq keras laloq, kalah laun (jangan keras sekali, kalah nanti, red),” katanya di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Mataram, Jumat (7/12.2018).

Gubernur NTB periode 2008-2018 ini menegaskan, semua pihak harus menjaga adab dan akhlak. "Kita jaga akal sehat kita," tegasnya dikutip dari jpnn.com.

TGB melanjutkan, ada ribuan hadist. Dari ribuan hadist itu tak ada satu pun yang meriwayatkan Nabi Muhammad SAW mengumpat orang lain, apalagi di depan khalayak.

Baca juga : Singkawang Kota Paling Toleran se-Indonesia, Jakarta, Bogor, Depok Tidak Toleran

"Sekarang alasannya mengumpat karena ada kezaliman. Memangnya dahulu tidak ada kezaliman?" ujarnya.

Doktor ahli tafsir lulusan Universitas Al Azhar Kairo itu menambahkan, umat Islam harus menunjukkan kelembutan. TGB lantas menceritakan kisah ketika Nabi Muhammad dikasari, tapi malah membalasnya dengan kelembutan.

Salah seorang sahabat, kata TGB, melihat perbedaan antara Rasulullah dengan nabi-nabi terdahulu. Perbedaannya ada pada permaafan dan kelembutan.

“Ia (sahabat, red) melihat banyak tanda dari nabi sebelumnya. Ada dua tanda yang hanya ada di Nabi Muhammad yaitu kemaafan mendahului kemarahan dan kehalusan ketika dikasari. Kok kita sebagai umatnya kasar, tidak pantas," tegasnya.

Comment

LEAVE A COMMENT