dzurrah binti abu lahab
dzurrah binti abu lahab

Durrah binti Abu Lahab, Sepupu yang Selalu Dibela Nabi SAW

Durrah binti Abu Lahab merupakan salah satu sepupu atau kerabat nabi SAW generasi awal yang memeluk Islam. Dari nama belakangnya saja, kita sudah tahu bahwa Durrah anak dari orang yang dilaknat Allah dalam surat al-Lahab. Ya, Durrah adalah anak dari Abu Lahab dan Fahitah. Suami istri yang bersekongkol ingin merusak Islam dan mencelakai nabi SAW.

Sebelum memeluk Islam, Durrah tercatat pernah menikah dengan al-Harits bin Amir bin Naufal bin Abdu Manaf bin Qushay. Keduanya dikarunia keturunan yang bernama al-Walid, Abu al-Hasan, dan Muslim. Akan tetapi suaminya tewas di Perang Badar di pihak pasukan kafir Mekkah (Ibnu Saad dalam ath-Thabaqat al-Kubra)

Kemudian Durrah menikah dengan sahabat yang mulia, yang malaikat Jibril apabila datang dalam wujud manusia menyerupai fisiknya, yaitu Dihyah bin Khalifah al-Kalbi RA. Berikutnya ia menikah dengan Zaid bin Haritsah. Namun kemudian Zaid menceraikannya. (Ibnu Saad dalam ath-Thabaqat al-Kubra, 3/33)

Memang banyak orang yang tak mengenai Durrah sebagai sepupu nabi. Karena orang-orang banyak yang mengenal sepupu nabi SAW yang laki-laki dan masyhur semisal Ali bin Abu Thalib atau Abdullah bin Abbas saja. Akan tetapi Durrah sendiri memiliki kedudukan yang mulia di mata nabi Muhammad SAW. Tentu karena pengorbanannya memilih Islam dari pada orang tua dan suaminya yang kafir dulu.

Selain itu, kedudukan mulia yang Durrah dapatkan juga karena ia termasuk ahlul bait (keturunan Bani Hasyim) dan generasi awal orang-orang Mekkah yang memeluk Islam. Berbeda dengan saudara-saudara laki-lakinya, Utbah dan Mu’attab yang memeluk Islam pasca Fatkhul Makkah, Durrah memulai perjuangan dakwah Islamnya dengan ikut bersama nabi SAW berhijrah ke Madinah.

Pengorbanan sahabat generasi awal, termasuk Durrah bin Abu Lahab memanglah sangat berat. Mereka rela dimusuhi oleh keluargnya dan hijrah dari Mekah ke Madinah berjalan di hamparan padang pasir sejauh 450 km serta meninggalkan harta benda mereka masing-masing. Durrah mempunyai bakat istimewa, ia pandai menggubah syair. Seperti ia membuat bait-bait syair tentang Perang Fijar. Peran dakwah Islamnya pun tak kalah dengan Muslimah-muslimah lain.

Baca Juga:  Kisah Ummu Sulaim : Permintaan Mahar Terindah dengan Mengislamkan Sang Calon Suami

Dibela Nabi SAW

Menyandang status sebagai anak Abu Lahab, tokoh yang sudah dicap antagonis dalam al-Qur’an, membuat Durrah beberapa kali mendapatkan diskriminasi saat awal-awal berada di Madinah. Namun ketika nabi SAW tahu akan hal itu, beliau malah membela dan melindungi sepupunya, Durrah dari perilaku diskriminatif yang di alamatkan kepadanya.

Betapapun semasa hidup kedua orang tuanya memeranginya, namun nabi SAW menunjukkan akhlak mulianya dengan melindungi Durrah, karena ia masih termasuk kerabat dekatnya dan seorang muslimah. Salah satu bukti pembelaan nabi SAW kepada Durrah bin Abu Lahab diterangkan dalam sebuah hadist di bawah ini,

Dari Abu Hurairah dan Ammar bin Yasir semoga Allah meridhai keduanya, keduanya berkata, “Saat Durrah binti Abu Lahan tiba di Maidnah, ia tinggal di rumah Rafi’ bin al-Ma’la az-Zarqa. Para wanita dari Bani Zarqa ini berkata, ‘Kamu putrinya Abu Lahab yang Allah Azza wa Jalla melaknatnya, maka tidak bermanfaat hijrahmu ini’. Ketus mereka.

Durrah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ia mengadukan pada beliau tentang apa yang mereka katakana. Nabi berkata, “Duduklah.” Kemudian beliau mengimami orang-orang mengerjakan shalat zuhur. Setelah itu beliau duduk di mimbar dan berkata,

أَيُّهَا النَّاسُ، مَالِي أُوذَى فِي أَهْلِي؟ فَوَاللَّهِ إِنَّ شَفَاعَتِي لَتُنَالُ بِقَرَابَتِي …

“Wahai manusia. Mengapa aku disakiti dengan diganggunya keluargaku? Demi Allah, sesungguhnya syafaatku akan sampai pada kerabatku…” (HR. ath-Thabarani dalam Mu’jam al-Kabir 20681).

Bagikan Artikel ini:

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar of M. Alfiyan Dzulfikar

Check Also

lelah

Jangan Khawatir, 7 Lelah Inilah yang Disukai Allah

Pasti kita sudah familiar dengan kalimat “biar lelah asal lillah” atau “semoga lelah ini membawa …

penyebaran hoax

Tafsir Surat An-Nur Ayat 15 : 3 Cara Penyebaran Hoax yang Wajib Diwaspadai

Mudahnya mendapatkan berita atau informasi dewasa ini selain berdampak baik bagi kehidupan bermasyarakat, juga diketahui …