kitab qutul habib
kitab qutul habib

Fikih Nusantara (22): Kitab Qut al Habib al Gharib Karya Imam Nawawi Banten

Kitab Syarah ini lahir dari buah pikir seorang ulama Nusantara asal Tanara, Banten yang telah mewakafkan dirinya menjadi bagian dari peradaban Islam Nusantara. Ulama yang sangat lekat dengan tradisi literasi. Karyanya yang terbilang banyak menjadi wakaf untuk khazanah keilmuan Islam Nusantara. Dari literasi-literasi tersebut umat Islam di Indonesia tercerahkan. Beliau pahlawan pena yang patut kita banggakan.

Mengapa tradisi literasi intelektual Islam yang menjadi kekayaan khazanah keilmuan Islam Nusantara perlu terus dibahas?

Tidak lain supaya menjadi alarm peringatan kepada generasi saat ini bahwa ulama-ulama kita dulu disamping kuat secara keilmuan juga lekat dengan tradisi tulis menulis. Tanpa manuskrip, suhuf, maupun kitab buah pikir para ulama dipastikan kita tidak akan mengenal siapa Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Hanafi dan Imam Ahmad bin Hanbal, juga tidak akan pernah mendengar ulama-ulama seperti Al Muzanni, Ibnu Hajar al Haitami dan Ibnu Hajar al ‘Asqalani, Abu Bakar Syatha al Dimyathi, Imam Sayuthi dan seterusnya.

Tanpa mereka pula kita tidak akan mengenal ulama generasi pertama, generasi terbaik seperti Abdullah bin Mas’ud, Abdullah bin Umar, Zaid bin Tsabit, Hudzaifah Ibnu al Yaman, Abu Sa’id al Khudri, Abu Dzar al-Ghifari, Abu Hurairah, Jabir bin Abdillah dan lain-lain sehingga kita bisa mengenal Islam sesuai dengan ajaran Nabi, yakni Islam Ahlussunah wal Jama’ah.

Terdahulu, satu karya Imam Nawawi al Bantani atau dikenal Imam Nawawi Banten Nihayatu al Zain telah dikenalkan. Kali ini, satu lagi buah pikirnya dalam bidang fikih mengikuti manhaj madhab Syafi’i. Judul lengkapnya, Qut al Habib al Gharib Tausyikh ‘ala Fathi al Qorib al Mujib Syarah Ghayah al Taqrib.

Baca Juga:  Fikih Nusantara (20): Kitab Al Fawaid al Janiyyah Karya Syaikh Muhammad Yasin bin Isa al Fadani

Yang akrab dengan literatur-literatur fikih, seperti kiai dan kaum santri, pasti akan segera paham kalau kitab ini merupakan kitab hasyiah (komentar kitab syarah). Hasyiah kitab Fathu al Qarib al Mujib buah pena Abi Abdillah Muhammad bin al Qasim al Ghazi al Syafi’i. Sedangkan Fathu al Qarib al Mujib merupakan karya tulis yang mensyarahi kitab Ghayah al Taqrib yang lebih dikenal dengan Mukhtashar Abi Syuja’ karya Abu Syuja’ Ahmad bin Husain al Ashfahani.

Dengan demikian, kitab ini berkerabat dengan kitab Hasyiah al Barmawi ‘ala Syarh Ibn Qasim karya Imam al Barmawi dan Hasyiah al Bajuri ‘ala Syarh Ibn Qasim al Ghazi karya Syaikh Ibrahim al Bajuri karena dua kitab ini adalah hasyiah kitab syarh matan Taqrib.

Mukhtashar Abi Syuja’ atau kitab Taqrib bisa dikatakan kitab keramat karena banyak yang menulis syarah untuknya. Termaktub dalam kitab Kasyfu al Dzunun karya Haji Khalifah dan kitab Idhahu al Maknun karya Ismail Basya al Baghdadi, diantara ulama yang mensyarahi Mukhtashar Abi Syuja’ adalah Abi al Khair Ahmad bin Muhammad bin Abdissalam al Syafi’i yang menulis kitab Iqna’ dan Tasynif al Asma’ bi Hilli Alfadz Mukhtashar Abi Syuja’, Taqyuddin Abu Bakar bin Muhammad al Hisni al Dimasqi kitabnya berjudul Kifayatu al Akhyar fi Hilli Ghyatu al Ikhtishar dan Khatib al Syarbini menulis al Iqna’ fi Hilli Alfadz Abi Syuja’. Ada juga yang menulis nadzam untuk kitab Abu Syuja’ ini, seperti Abdul Qadir Ibnu al Mudhaffar,  Ahmad al Absyithy dan Syaikh Syarafuddin al ‘Imrithy.

Sistematika penulisan kitab Qut al Habib al Gharib seperti biasa dimulai dengan kata pembuka kemudian masuk pada bahasan inti, diawali dengan Kitab Ahkam al Thaharah yang terdiri dari 15 pasal. Kemudian Kitab Ahkam al Shalat yang dirinci menjadi 17 pasal, Kitab Ahkam al Zakat ada 11 pasal, lalu Kitab Bayan Ahkam al Shiam 1 pasal, Kitab Ahkam al Buyu’ wa Ghairiha min al Mu’amalah berisi 26 pasal, Kitab Ahkam al Faraidh 2 pasal, Kitab Ahkam al Nikah 18 pasal, Kitab Ahkam al Jinayat 2 pasal, Kitab Bayan al Hudud 8 pasal, Kitab Ahkam al Jihad 3 pasal, Kitab Ahkam al Shaid wa al Dzabaih wa al ‘Ithmah 3 pasal, Kitab Ahkam al Sabqi wa al Ramyi, Kitab Ahkam al Aiman wa al Nudzur 1 pasal, Kitab Ahkam al Uqdiyyah wa al Syahadah 4 pasal, dan Kitab Ahkam al ‘Itqu 4 pasal. Dan, diakhiri dengan khatimah atau penutup.

Bagikan Artikel ini:

About Ahmad Sada'i

Avatar of Ahmad Sada'i

Check Also

khutbah jumat singkat

Khutbah Jumat Singkat Tanda Khatib Paham Agama

Kebiasaan membaca khutbah Jum’at dengan durasi waktu yang lama banyak dijumpai di masjid-masjid, terutama di …

idhah al bab

Fikih Nusantara (30): Kitab Idhah Al Bab Karya Syaikh Daud bin Abdullah al Fathani

Pattani, Thailand Selatan sekarang, tidak hanya tanahnya yang subur, negeri yang berbatasan dengan Malaysia ini …