Berkat Penelitian Tentang Mo Salah, Seorang Yang Dulu Benci Islam,Kini Jadi Mualaf

London – Sudah banyak cerita tentang seseorang yang dulu benci terhadap Islam, tetapi kemudian justru menjadi mualaf. Hal yang sama dialami Ben Bird. Ia yang dulu benci Islam, tetapi akhirnya jatuh cinta dan menjadi mualaf setelah melakukan penelitian tentang nyanyian fans Liverpool untuk bintang asal Mesir, Mohamed Salah.

Bird mengaku Islamophobia karena isu terorisme yang berkembang di beberapa tulisan di media yang menyudutkan umat Muslim. Namun sikap itu berbalik 180 derajat setelah ia mengenal lebih dekat sosok Mo Salah.

Seperti diketahui, Mohamed Salah adalah salah satu ‘nyawa’ utama Liverpool dalam meraih gelar Liga Champions musim lalu. Bersama Sadio Mane dan Xherdan Shakiri, ia menjadi trio Muslim tumpuan The Reds.

Selain piawai dan cerdas dalam mengolah dan menjebol gawang lawan, Salah banyak dikagumi orang sebagai seorang Muslim yang taat. Para fan Liverpool kemudian menciptakan lagu khusus untuk Salah. Sebait lirik lagu tersebut berbunyi 'If he scores another few then I'll be Muslim too' (Jika dia mencetak gol, aku jadi Muslim juga).

Penggalan lirik ini terngiang di kepala Bird. Ia kemudian memutuskan melakukan penelitian terkait lagu ini untuk tugas akhirnya demi meraih gelar sarjana dalam jurusan Kajian Timur Tengah di Univesity of Leeds.

"Kami harus melakukan disertasi dan saya ingin melakukan sesuatu yang sedikit berbeda. Saya ingat dosen disleksia saya mengatakan "Bagaimana dengan lagu Mohamed Salah?" tutur Bird dikutip dari Guardians.

"Saya akhirnya mendapat jawaban untuk itu: "Mohamed Salah, hadiah dari Allah. Apakah penampilan Mohamed Salah memicu pembahasan yang memerangi Islamophobia di media dan bidang politik? "

Baca Juga: Mohamed Salah Masuk 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Majalah Time

Dari situ, pandangan Ben kepada Islam sontak berubah usai melakukan penelitian ini. Ia banyak belajar tentang Islam dari orang-orang muslim yang diwawancarainya. Ia kemudian menjadikan Salah sebagai panutan karena mengantarkan menemui pemahaman baru tentang Islam. Ben juga mengungkapkan bahwa tindakan Salah sangat mencerminkan sosok seorang muslim yang taat.

"Mohamed Salah adalah Muslim pertama yang saya kagumi. Ia memperlihatkan itu dari cara dia menjalani hidupnya, bagaimana dia berbicara kepada orang-orang," ujarnya.

"Minggu yang lalu ia rela berfoto dengan seorang penggemar Liverpool yang menderita patah hidung yang mengejarnya. Saya tahu itu akan dilakukan oleh pesepakbola lain namun sekarang Salah yang melakukannya."

Baca Juga: Mo Salah, Rajin Beribadah, Prestasi Mengkilap, Terpilih Menjadi Pemain Terbaik FSF 2018

Kekagumannya terhadap Salah akhirnya menuntun Bird menjadi seorang mualaf. Fans Nottingham Forest mengaku menjadi diri sendiri usai memeluk Islam.

"Saya pemegang tiket musiman Nottingham Forest merasa menjadi diri saya sendiri usai mengungkapkan saya seorang muslim. Saya masihlah sama dan itulah yang saya ambil dari Mohamed Salah," ungkap Bird.

"Saya ingin bertemu dengannya untuk berjabat tangan dan sekadar mengatakan "Cheers" atau "Shukran", tandas Bird.

Comment

LEAVE A COMMENT