Founder Tobemore Learning Center

Menikmati Ramadhan di China

Wuhan – Bulan suci Ramadhan disambut dengan riang gembira di berbagai negara, tidak terkecuali di negara China. Umat muslim yang kebetulan berada di China sangat akrab dengan penduduk muslim Tiongkok terutama di kota Wuhan.

Di Tiongkok puasa juga jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Ribuan umat muslim antusias menjalankan ibadah puasa. Kemeriahan bulan ramadhan juga dinikmati oleh mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di kota Wuhan. Dikutip dari detik.com pada 13 Mei 2019. Nur Musyafak, mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Centra China Normal University (CCNU) Wuhan, Provinsi Hubei, China bersilaturrahim dengan pengurus masjid setempat.

Silaturrahim dilaksanakan pada Jumat, 4 Mei 2019 dengan pengurus masjid Qiyijie, Wuhan. Sebagai perwakilan mahasiswa Indonesia, bapak Sucipto menyampaikan ucapan terimakasih atas penerimaan imam dan pengurus masjid Qiyijie, Wuhan. Sucipto mengatakan mahasiswa Indonesia sangat senang dapat menjalankan ibadah puasa ramadahan di kota Wuhan, meskipun berada jauh dari rumah, namun keramahan masyarakat Tiongkok menjadikan seolah berada di Indonesia.

Baca juga : Sempurnakan Puasa Dengan 6 Hal

Sambutan dari Imam Masjid Qiyijie oleh Wang Ahong, dia menyampaikan penghargaan dan rasa gembira atas silaturrahim, semoga semua umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan riang gembira, dengan khusu’ sehingga benar-benar mendapatkan keberkahan bulan ramadhan, imam Wang juga berharap kedepan dapat terjalin kerjasama di berbagai bidang dengan muslim Indonesia.

Mahasiswa yang mengikuti silaturrahim dengan pengurus dan imam masjid Qiyijie mendapatkan pemahaman tentang tradisi dan budaya berpuasa masyarakat Tiongkok khususnya kota bagian Wuhan. Salah satunya adalah tradisi menyediakan menu berbuka puasa di masjid Qiyijie bagi masyarakat yang ingin berbuka di masjid, berbuka biasanya diawali minum teh bersama disertai hidangan buah-buahan dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah lalu dilanjutkan dengan menu berbuka lainya sambil menunggu waktu sholat isya’ dan tarawih.

Comment

LEAVE A COMMENT