JAD
JAD

12 Terduga Teroris DKI Jakarta dan Sekitarnya Tak Berafiliasi JAD dan JI

Jakarta – Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 12 terduga teroris di wilayah Jakarta dan sekitarnya berapa hari kemarin. Namun ke-12 terduga teroris itu ternyata tak terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ataupun Jamaah Islamiyah (JI).

“Belum terafiliasi dengan kelompok terorisme JAD maupun JI,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Ahmad menjelaskan, para tersangka teroris itu ditangkap lantaran diduga terlibat dalam perencanaan aksi teror sehingga perbuatan mereka juga telah memenuhi unsur-unsur tindak pidana terorisme.

Menurutnya, 12 orang itu tergabung dalam satu kelompok. Hanya saja, tidak diketahui pasti nama organisasi yang menaungi mereka sebagai kelompok teror. Para teroris itu, merupakan bagian pengembangan dari penangkapan tersangka Husein Hasni di wilayah Condet, Jakarta Timur.

“Ada kaitannya dengan saudara HH yang ditangkap sebelumnya. Misalnya, saudara W mengetahui dan ikut merencanakan perbuatan bahan peledak tersebut. Dan juga tadi menyiapkan tempat uji coba,” ujar Ahmad.

Disisi lain, Ahmar belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai barang bukti yang diamankan oleh Densus 88 dalam sejumlah penggeledahan di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Barang bukti terkait dengan perbuatan yang dilakukan seperti sebelumnya kami sampaikan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan perbuatan bahan peledak misalnya,” ujar Ahmad.

Adapun ke-12 terduga teroris tersebut adalah, HH, ZA, AJ, BS, WJ, NAA, AN, DK, AK, AP, NF dan W. Mereka diduga terlibat dalam rencana aksi teror yang hendak dilancarkan di Ibu Kota.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Isi Surat Wasiat Lone Wolf Mabes Polri: Pancasila, UUD 45, Pemilu Ajaran Kafir dan Musyrik

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH saat RDP dengan Komisi III DPR RI Rabu September

Anggota MIT Tambah Jadi 12 Orang, Kepala BNPT: Ada 17 Desa di Poso Penceramahnya Dukung Ali Kalora

Jakarta – Jumlah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang semua tinggal 6 orang, …

Komjen Boy Rafli Amar

BNPT Tanggapi Positif Peringatan Jepang Terkait Potensi Aksi Terorisme di Tempat Ibadah

Jakarta – Jepang mengeluarkan peringatan potensi ancaman terorisme di Indonesia dan lima negara ASEAN yaitu …