Doa Ramadhan

Ampuhnya Doa Bulan Ramadhan, Sanggupkah Mengusir Corona?

Di antara keistimewaan yang diberikan oleh Allah di bulan Ramadhan adalah terkabulnya segala doa yang tulus dan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, saat dunia masih diliputi kecemasan oleh pandemi Corona, ada peluang besar yang diberikan Allah kepada umat Islam supaya dunia terbebas dari wabah mematikan tersebut, yaitu dengan berdoa.

Umat Islam seluruh dunia harus bersama memohon kepada Maha Pencipta supaya pandemi Covid-19 segera diangkat sehingga penduduk bumi tidak lagi resah. Di bulan Ramadhan ada jaminan dari Allah untuk mengabulkan segala lantunan doa umat Islam.

Ada banyak momen istijabah selama bulan Ramadhan baik di kala berpuasa, berbuka, munajat di malam hari maupun waktu sahur yang berkah. Waktu-waktu tersebut adalah yang sangat mustajab untuk menyampaikan segala permohonan dan doa.

Waktu Doa yang Tak Tertolak di Bulan Suci

Rasulullah bersabda, “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya; imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit, dan Allah berfirman: demi kemuliaanKu, Aku pasti menolong engkau setelah ini”. (HR. Ahmad).

Pada riwayat yang lain, waktu yang sangat manjur untuk berdoa adalah ketika berbuka puasa. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam sebuah hadis. Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash, Rasulullah bersabda, “Doa orang yang puasa saat berbuka tidak akan tertolak “ (HR. Ibnu Majah).

Berkenaan dengan hadis ini Ibnu Abi Mulaikah berkata, saya mendengar Ibnu Umar ketika berbuka puasa selalu membaca, “Wahai Tuhanku, saya meminta berkat rahmatmu yang teramat luas dan meliputi segala sesuatu, supaya engkau mengampuniku”.

Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi umat Islam memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan memperbanyak permohonan dan doa keselamatan, kesembuhan dan keberkahan hidup. Doa keselamatan baik untuk kemaslahatan pribadi, keluarga dan juga untuk ketenangan seluruh saudara seagama khususnya, dan manusia secara umum dari pandemi Corona yang sampai saat masih mengancam kehidupan penduduk bumi.

Baca Juga:  Menemukan Mutiara Hikmah di Balik Wafatnya Gus Sholah

Bukankah Allah telah berjanji akan mengabulkan segala doa umat Islam, kapan saja ia berdoa, apalagi di waktu yang istijabah. Allah berfirman:  “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. al Baqarah: 186).

Sungguh merupakan kerugian yang sangat besar apabila melewatkan bulan Ramadhan secara sia-sia. Pada bulan inilah saat yang tepat untuk melantunkan permohonan dan harapan. Meminta supaya menjadi menjadi pribadi yang beriman yang takwa dan derajat mulia baik di dunia maupun akhirat.

Dan, jangan lupa berdoa supaya wabah yang begitu menghimpit kehidupan seluruh manusia di dunia ini segara terangkat. Sehingga kehidupan yang tenang tercapai dan keadaan yang normal kembali.

Bagikan Artikel

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri