Di setiap awal Ramadhan Rasulullah selalu memberi motivasi, semangat dan himbauan serta mengajarkan beberapa doa. Himbauan tersebut sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis riwayat dari Abu Hurairah ia berkata, ketika tiba bulan Ramadhan Rasulullah bersabda :

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, pada bulan ini Allah mewajibkan kalian berpuasa, pada bulan ini pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ditutup rapat dan setan dibelenggu. Pada bulan Ramadhan ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan barang siapa tidak mendapati malam itu, dia telah kehilangan pahala seribu bulan”. (HR. Nasai dan Ahmad).

Doa Rasul Menyambut Malam Pertama Bulan Ramadhan

Sedangkan doa yang diajarkan Rasulullah ketika tiba malam pertama bulan Ramadhan seperti ditulis oleh Imam Ibnu Hajar al Haitami dalam kitabnya Ithaf Ahli al Islam bi Khususiyati al Shiyam mengutip riwayat Imam Thabrani dan Imam al Dailami. Doa Nabi dimaksud adalah:

اَلّلهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

“Ya Allah, selamtkanlah aku (dari udzur dan penyakit) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari berbuat maksiat) di bulan Ramadhan”.

Doa Rasul Ketika Melihat Hilal untuk Ramadhan

Dalam kitab yang sama Imam Ibnu Hajar al Haitami juga mengutip riwayat dari Imam Ahmad tentang doa yang dibaca oleh Rasulullah ketika ketika melihat hilal sebagai berikut:

الله اكبر وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلّاَ بِاللهِ اْلعَظِيْمِ اللهم إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ اْلقَدْرِ وَمِنْ شَرِّ اْلمَحْشَرِ

“Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar”.

Doa Malam Pertama bulan Ramadhan

Sementara Abu Daud juga meriwayatkan doa Nabi di malam pertama bulan Ramadhan sebagai berikut:

هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين آمَنْتُ بِالَّذِيْ خَلَقَكَ ثلاث مرات اَلْحَمْدُ لِلهِ الذي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

“Bulan petunjuk dan kebaikan (dibaca dua kali). Aku beriman kepada Allah yang telah menciptakanmu (dibaca tiga kali). Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini (HR. Abu Daud).

Demikianlah doa yang diajarkan oleh Rasulullah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Sudah seepatutnya sebagai umat Islam kita mengamalkan doa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.