doa menyambut ramadan
ramadan kareem

Inilah Doa Rasulullah Menyambut Ramadan

Ramadan yang sangat ditunggu akan segera tiba. Sebagai bulan yang suci dengan penuh pahala amal ibadah yang dilipatgandakan, Ramadan menjadi bulan yang ditunggu sebagai penyucian diri. Persiapkan Kesehatan fisik dan lebih penting adalah kesiapan hati melalui niat yang baik.

Rasulullah mengajarkan beberapa doa yang diriwayatkan dalam beberapa hadist sebagai panduan kita bersama dalam menyambut bulan suci ini. Inilah Doa Rasulullah menyambut Ramadan bulan penuh ampunan dan berkah ini.

Doa Rasulullah Menyambut Ramadan

Salah satu doa yang diriwayatkan oleh At-Thabarani dan Ad-Dailami :

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya: “ Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Bulan Ramadan menjadi jalan meniti keselamatan. Kita berdoa agar Ramadan kita berjalan dengan baik dan selamat dan Ramadan pun menyelematkan diri kita dari segala keburukan dan kemaksiatan.

Doa menyambut Ramadan yang lain juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw sebagai doa permohonan yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “ Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Semoga Ramadan kali ini yang sudah mendapatkan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah karena covid-19 selama dua tahun ini dapat dimaksimalkan oleh diri kita dan seluruh umat Islam.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  7 Dzikir yang Selalu Dibaca Rasulullah Setiap Hari

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

Buya Syafi'i Ma'arif

Selamat Jalan Guru Bangsa, Selamat Jalan Buya Syafi’i Maarif Sang Teladan Umat

Jakarta – Buya Syafi’i Ma’arif kembali ke Haribaan Allah SWT dalam kesederhanaan, seorang guru bangsa …