suasana masjid at thohir los angeles ahad waktu
suasana masjid at thohir los angeles ahad waktu

Alhamdulillah WNI Los Angeles Sambut Gembira Kehadiran Masjid At Thohir

LOS ANGELES —  Masjid merupakan satu kebutuhan umat muslim dimanapun berada, namun dibeberapa negara seperti Amerika Serikat (USA) keberadaan masjid masih sangat jarang sehingga seringkali menyulitkan muslim yang sedang berada di Amerika untuk melaksanakan salat terutama salat Jumat, Idul Adha dan Idul Fitri.

Di luar negeri, masjid selain menjadi tempat beribadah juga menjadi tempat pertemuan semua komunitas muslim dari berbagai belahan dunia, oleh karena itulah keberadaan masjid menjadi sangat penting diluar negeri.

Melalui inisiasi keluarga Alm. H. Mochamat Thohir berdirilah sebuah masjid di Long Angeles, Amerika Serikat (USA), sebuah bangunan yang tadinya merupakan bangunan Gereja diubah menjadi bangunan Masjid yang indah.

Setelah melalui berbagai proses perombakan, bangunan kuno di pusat downtown Los Angeles kini berubah menjadi masjid megah. Masjid bernama At Thohir itu telah diresmikan seperti dikutip dari laman republika.co.id Ahad (27/3) pagi waktu setempat.

Hadir dalam peresmian tersebut pengusaha Muslim Indonesia, Garibaldi Thohir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Roosan P Roslani, Konsul Jenderal Los Angeles, Saut Trisnawan, Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat. Masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles juga ikut meramaikan acara tersebut.

Garibaldi Thohir, atau akrab disapa, Boy Thohir, mengungkapkan bahwa inspirasi kehadiran masjid tersebut diawali sekitar tahun 2015. “Kami sekeluarga memang sering berlibur ke Los Angeles. Ayah saya sering mengeluh kalau mau shalat Jumat,” tuturnya dalam acara peresmian masjid tersebut. Ayah Boy, H Mochamad Thohir, kemudian berpulang pada 2016.

Kejadian itu mendorong Boy Thohir sekeluarga untuk bisa menghadirkan masjid di Los Angeles yang dimiliki warga Indonesia. Kemudian pencarian lokasi pun dijalankan. Kemudian proses tersebut berhasil mendapatkan tempat di kawasan downtown area Los Angeles. Bangunan tua yang sebelumnya milik komunitas gereja Samoa berhasil dibeli.

Baca Juga:  Agamanya Dihina, Paul Pogba Dikabarkan Mundur dari Timnas Prancis

Hasil donasi WNI dan Los Angeles dan support keluarga Thohir kemudian menjadikan bangunan yang telah didirikan sejak 1920 itu berubah menjadi masjid. Boy berharap kehadiran masjid tersebut menjadikan masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles bisa menjadi contoh penerapan Islam yang membawa damai.

“Masjid ini juga semoga bisa memakmurkan masyarakat Indonesia di Los Angeles ini,” ujar Boy lebih lanjut. Dia juga mengungkapkan bahwa masjid ini juga menjadi tanda bakti keluarga Thohir kepada Almarhum Mochamad Thohir.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Roosan P Roslani dalam acara peresmian mengungkapkan syukur atas kehadiran Masjid At Thohir. Menurut dia, kehadiran masjid ini melengkapi jajaran masjid di Amerika yang dimiliki oleh WNI. “Ini adalah masjid keenam di Amerika yang dimiliki oleh WNI,” kata Roosan.

Dia berharap masyarakat Muslim Indonesia di Amerika bisa benar-benar menjadi teladan yang baik. Selain itu, menurut dia, keberadaan masjid ini juga bisa menjadi sarana untuk mempererat silaturrahim.

Masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles pun menyambut gembira kehadiran Masjid At Thohir. Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat, mengungkapkan bahwa masjid tersebut menjadi pusat pertemuan dan krativitas masyarakat Muslim Indonesia di Los Angeles.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …