054584800 1610620063 830 556
054584800 1610620063 830 556

Cek Faktanya: Ulama Aceh Haramkan Vaksin Covid-19, Benarkah?

JAKARTA — Sebuah tangkapan layar di facebook pada tanggal 10 Januari 2021 disebarkan dengan narasi ulama Aceh haramkan vaksin Covid- 19. Bahkan dalam narasi yang disebarkan, rakyat Aceh tidak ingin diintervensi oleh pusat karena merupakan keputusan masyarakat Aceh, apabila terjadi pemaksaan maka akan terjadi peperangan.

Akun pengunggah pesan itu menyebarkan tangkapan layar yang bersumber dari percakapan di aplikasi WhatsApp. Pesan tersebut menyebutkan rakyat Aceh menolak vaksin karena ulama Aceh menyebut vaksin banyak mudaratnya dan haram.

“Rakyat Aceh menolak vaksin covid19 karena banyak mudharatnya dan syari’atnya menurut para ulama Aceh itu haram. Pemerintah pusat tidak berhak ikut campur masalah hukum haram menurut Agama, karena masalah Agama mutlak kewenangan Pemerintah Aceh, bukan kewenangan pemerintah RI. Bila ngoto pemerintah pusat memaksakan kehendak, rakyat Aceh siap perang..!!” demikian isi pesan tersebut. 

Lalu benarkah demikian terdapat ulama Aceh yang menolak vaksin Covid-19?

Penjelasan: Mengacu pemberitaan ANTARA pada 12 Januari 2021, dan dikutip dari laman republika. Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengatakan vaksin COVID-19 buatan SINOVAC sudah jelas kehalalannya karena sudah dikaji oleh Majelis Ulama Indonesia.  

MPU pun meminta masyarakat tidak perlu ragu akan status hukum vaksin COVID-19 Sinovac tersebut.

“Ternyata dalam pengembangan vaksin Sinovac, tidak ada sedikit pun yang menyentuh dengan hal-hal najis mughallazah, yaitu dengan babi, anjing, dan unsur-unsur manusia di situ,” kata Wakil Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali.

Aceh akan memulai vaksinasi COVID-19 pada 15 Januari 2021. Dinas Kesehatan Aceh menyebut akan ada sekitar tiga juta orang yang diprioritaskan dalam vaksinasi tahap awal itu. 

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Teroris Penembakan 2 Masjid di Christchurch Akhirnya Mengaku Bersalah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

jemaah khilafatul muslimin deklarasikan setiap pada pancasila dan nkri

Nyatakan Setia Pada Pancasila dan NKRI, 53 Anggota Khilafatul Muslimin di Jatim Deklarasi Dihadapan Kapolda, NU dan Muhammadiyah

Surabaya – Pasca penangkapan pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Lampung, beberapa ketua …

menpan rb tjahjo kumolo di kota magelang kamis

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Tjahjo Kumolo Berpulang Kerahmatullah

Jakarta – Innalillahi Wainnailahirojiun, telah berpulang kerahmatullah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) …