Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD

Indonesia Beruntung Miliki NU Yang Sebarkan Agama Secara Damai Serta Satukan Prinsip Islam dan Negara

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Indonesia harus bersyukur memiliki NU. Sebab NU merupakan organisasi Islam yang menyebarkan agama secara ramah dan damai serta menyatukan prinsip Islam dan negara. NU juga berperan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia hingga mencapai kemerdekaan.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yang menyebarkan Islam yang ramah, mempertemukan prinsip keislaman dan paham kebangsaan, menyemai dan membangun nasionalisme yang kemudian ikut mengantarkan Indonesia merdeka,” ucap Mahfud MD melalui cuitannya di akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd Minggu (31/1/2021) pagi.

Cuitan itu tidak merupakan bagian dari ucapan Mahfud MD saat mengucapkan selamat hari lahir atau ulang tahun (Harlah) yang ke-95 NU. Harlah NU jatuh pada hari ini, Minggu (31/1/2021). 

“Selamat hari jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-95,” tulis Mahfud.

Mantan Ketua Mahkmah Konstitusi (MK) ini pun menyinggung ihwal slogan yang sangat erat hubungannya dengan NU, yakni Hubbul Wathon Minnal Iman atau cinta tanah air adalah bagian dari iman. Menurutnya, walaupun bukan berasal dari ayat suci Alquran ataupun hadist, slogan tersebut dinilai sangat kaya akan nilai Islam dan Indonesia.

“Ungkapan “hubbul wathon minal iman” (cinta tanah air adalah bagian dari iman) bukan ayat Qur’an atau pun Hadits Nabi. Tapi ia merupakan ungkapan dalil yang secara fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) terhadap nilai-nilai Qur’an dan Hadits, sehingga sangat Islami dan Indonesiawi,” pungkas Menko Polhukam.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Umat Beragama di Indonesia Harus Tahan Diri Sikapi Konflik Antar Agama di India

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …