ratusan jamaah haji bertawaf mengelilingi kabah dengan menjaga jarak 200729214610 564
ratusan jamaah haji bertawaf mengelilingi kabah dengan menjaga jarak 200729214610 564

Pelaksanaan Haji Sukses, Saudi Arabia Akan Buka Layanan Umroh Secara Bertahap

JEDDAH – Suksesnya pemerintah Arab Saudi menggelar pelaksanaan ibadah Haji tahun 2020 membuka peluang dibukanya kembali layanan ibadah Umrah bagi umat muslim.

Arab Saudi berencana akan membuka layanan ibadah umrah secara bertahap, ibadah umrah pada tahap awal hanya akan mengizinkan warga domestik dengan persyaratan yang cukup ketat.

Kementerian Dalam Negeri arab saudi mengumumkan pencabutan sebagian dari pembatasan perjalanan mulai 15 September 2020, Ahad (13/9). Pencabutan keseluruhan pembatasan baru akan dilakukan mulai 1 Januari 2021.

Kementerian juga menyatakan, rencana mencabut penangguhan layanan umroh akan diumumkan secara bertahap. Hal ini terkait dengan perkembangan pandemi di Kerajaan dan di dunia.

Menurut sumber, jamaah haji domestik akan diizinkan menunaikan ibadah umroh asalkan memenuhi syarat dan ketentuan. Salah satunya, jamaah wajib membawa surat kesehatan dari rumah sakit untuk menunjukkan mereka dinyatakan negatif virus corona.

Pembukaan layanan umroh akan dilakukan sejalan dengan langkah pencegahan dan protokol pencegahan virus corona. “Kementerian Haiji dan Umrah Arab Saudi, akan segera mengumumkan syarat dan ketentuan ini,” kata sumber itu, dilansir Saudi Gazette dan dikutip dari laman ihram, Selasa (15/9).

Sumber tersebut menegaskan, akan ada aplikasi seluler yang menentukan tanggal dan waktu pelaksanaan ibadah haji oleh setiap jamaah. Izin umroh akan dikeluarkan otoritas terkait kepada mereka yang memenuhi syarat dan ketentuan.

Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Haji Hussein Al-Sharif menegaskan kepada Saudi Gazette sebelumnya, kementerian akan bekerja mengevaluasi pengalaman keberhasilan luar biasa dari haji terakhir yang juga dilakukan dengan jumlah terbatas. Kementerian juga akan memanfaatkan kesuksesan itu dalam menerapkan langkah-langkah kesehatan dan peraturan tinggi untuk musim umroh mendatang.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Abai Prokes, Ketua PCNU Jember Didenda 10 Juta, Gelar Akad Nikah Timbulkan Kerumunan

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH saat RDP dengan Komisi III DPR RI Rabu September

Anggota MIT Tambah Jadi 12 Orang, Kepala BNPT: Ada 17 Desa di Poso Penceramahnya Dukung Ali Kalora

Jakarta – Jumlah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang semua tinggal 6 orang, …

Komjen Boy Rafli Amar

BNPT Tanggapi Positif Peringatan Jepang Terkait Potensi Aksi Terorisme di Tempat Ibadah

Jakarta – Jepang mengeluarkan peringatan potensi ancaman terorisme di Indonesia dan lima negara ASEAN yaitu …