Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD

Puasa Untuk Membangun Empati, Rendahkan Orang Lain Tindakan Jahiliyah

Jakarta – Puasa adalah momentum untuk membangun empati dan kesetaraan. Hal itu ditegaskan oleh Menko Polhukam Mahfud MD saat mengisi ceramah sebelum salat tarawih di Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (5/4/2022).

“Berpuasa itu membangun empati dan kesetaraan, empati itu apa? Ikut merasakan kesedihan orang. Kalau orang lapar rasanya seperti ini, kalau orang kedudukannya lebih rendah rasanya seperti ini,” ujar Mahfud dalam keterangannya, Rabu (6/4/2022).

Mahfud menjelaskan, seluruh manusia memiliki harga diri, harkat dan martabat yang sama. Oleh karena itu, sipapun tak dibenarkan jika memandang orang lain lebih rendah dari dirinya.

Dia menjelaskan, beranggapan bahwa orang lain lebih rendah adalah tindakan jahiliyah. Dalam kesempatan itu, Mahfud juga mengurai kisah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abu Dzar al-Ghifari yang pernah ditegur karena memaki budak secara berlebihan.

“Abu Dzar al-Ghifari suatu hari tampak di depan para sahabat yang lain memakai baju yang sama kualitasnya, memakai sandal atau sepatu yang sama kualitasnya dengan para pembantunya. Para sahabat bertanya, kenapa Abu Dzar memakai baju yang sama dengan para pembantunya? Abu Dzar bercerita, saya ditegur oleh nabi karena memarahi budak dengan kata-kata ‘kamu ini bodoh, pemalas sama dengan ibumu, dasar budak!’,” cerita Mahfud.

Untuk itu, Mahfud mengajak para jamaah untuk memperkuat semangat menghargai orang lain. Menurut dia, hal itu sebagai bagian dari semangat kemerdekaan yang ingin membangun kesetaraan dan keadilan, bukan kesewenang-wenangan.

“Bulan Puasa ini, mari kita bangun ketakwaan kita itu dengan membangun empati dan kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sebagai negara yang merdeka,” ucapnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Mahfud MD Jenguk Syekh Ali Jaber Pasca Penusukan Di Bandar Lampung

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …