Mahfud MD
Mahfud MD

Radikalisme Tak Hanya di Islam Saja, Tapi Ada di Setiap Pemeluk Agama

Surabaya – Radikalisme atau bibit terorisme itu ada di setiap pemeluk agama. Fakta itulah yang menegaskan bahwa terorisme tidak hanya ada di umat agama Islam, tetapi juga agama-agama lain.

“Teroris itu perilaku menyimpang bukan hanya Islam. Semua agama punya terorisnya sendiri karena sangat radikal dalam pemahamannya,” kata Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, (17/3/2021).

Mahfud mengungkapkan, di Indonesia secara umum dari dulu dulu organisasi-organisasi keagamaannya telah mengembangkan pemahaman yang moderat. Dengan demikian perbedaan dipahami agar tidak sampai menjadi perpecahan.

Ia mengakui, selama ini di Indonesia masih muncul beberapa peristiwa terorisme, meski teror itu masih bisa diatas. Namun secara umum rakyatnya tumbuh dengan penuh toleran.

Mahfud menilai Jawa Timur (Jatim) adalah salah satu contoh provinsi yang berhasil menumbuhkan Islam moderat, dan meminimalisasi berkembangnya paham radikal dan terorisme.

“Di sini menunjukkan, pertama moderasi Islam , moderasi beragama tumbuh di sini,” sambung dia.

Kultur keagamaan yang berkembang sejak lama yang membuat Jatim menjadi daerah berkembangnya Islam Moderat. Hal itu dibuktikan dengan lahirnya organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama. “Di sini adalah tempat berkembang biak moderasi beragama,” pungkas Mahfud.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Lagi Gus Yaqut, Digugat soal Polemik Toa Masjid dan Gonggongan Anjing

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …