Dave Chappelle
Dave Chappelle

Terinspirasi Karyawan Toko Pizza dan Kekaguman Komedian Amerika Ini Terhadap Sumur Zamzam

New York – Proses seseorang mendapat hidayah memang berbeda-beda. Ada yang menjadi mualaf karena keindahan Islam dan Alquran, juga ada yang berawal dari mimpi tentang kematian, dan sebagainya.

Seperti halnya komedian top Amerika Serikat, Dave Chappelle. Ia mengungkapkan, momentum yang menjadi inspirasinya untuk memeluk agama Islam. Selain itu, Chapelle juga menyatakan pengalaman mengagumkan berada di Sumur Zamzam.

Pernyataan Chappelle (47 tahun) ini diungkapkan dalam acara bincang-bincang terkemuka David Letterman di acara Netflix barunya bernama ‘Tamu Saya Berikutnya Tidak Perlu Dikenal’. Ia menjawab pertanyaan tentang bagaimana proses ia menjadi Muslim.

Chappelle mengatakan berpindah keyakinan ke Islam terjadi pada usia 17 tahun, ketika dia tinggal di Washington DC, di seberang jalan dari sebuah toko pizza dengan yang memiliki karyawan Muslim.

“Saya akan mengajukan pertanyaan kepadanya tentang agamanya dan pria itu sangat bersemangat tentangnya, itu sangat menarik. Saya menyukai perspektif Islam dan saya pikir hal-hal ini menginformasikan keputusan saya bahwa saya ingin memiliki kehidupan yang bermakna, kehidupan spiritual,” kata Chappelle dilansir dari Alarabiyah via laman ihram.co.id, Kamis (29/10/2020).

Chappelle bisa dibilang salah satu stand-up comedian paling berbakat di Amerika Serikat. Dia juga seorang aktor dan produser yang baru-baru ini membintangi film ‘A Star is Born’.

Chappelle mengatakan bahwa cara Islam ditampilkan di ruang publik di Amerika Serikat adalah pandangan yang sempit dan meremehkan keyakinan agama.

“Padahal Islam adalah agama yang indah. Dan ide-ide dalam agama itu tercermin dalam semua agama Ibrahim yang utama. Kalian akan melihat ide-ide ini dalam agama Kristen dan Yudaisme,” katanya. 

Chappelle juga menjelaskan mengunjungi sumur suci Zamzam di Arab Saudi, yang jarakknya sekitar 20 meter dari Kabah di Makkah.

Baca Juga:  Muslim Australia Kirim 190 Ribu Liter Air ke Korban Kekeringan di Queensland

Dalam Islam, itu dikenal sebagai sumur tempat malaikat Jibril mengeluarkan air dari bawah tanah untuk menyegarkan istri Nabi Ibrahim, Hajar dan putra mereka Ismail yang kehabisan makanan dan air. 

Chappelle yang putra pertamanya bernama Ibrahim, mengatakan sumur itu adalah sumber kenikmatan baginya. 

“Hal yang menyenangkan saya tentang itu adalah gagasan bahwa semua ini berasal dari satu sumber. Bahwa sumber ini pada akhirnya baik, dan meskipun kami mungkin tidak memahami maksud dari sumber ini, kami semua terhubung,” ungkap Chappelle.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …

cc f c b bcbd

Siapa Sangka Ka’bah Pernah Ditutup, Berikut 5 Peristiwa Bersejarah yang Bikin Ka’bah Ditutup

Jakarta – Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia, setiap tahunya jutaan umat muslim berdatangan …