Terduga anggota teroris yang ditangkap polisi Australia
Terduga anggota teroris yang ditangkap polisi Australia

Unggah Retorika Ekstremis dan Miliki Bahan Peledak, Polisi Australia Tangkap Anggota ISIS

Sydney – Perang terhadap kelompok teroris, ISIS dan Al-Qaeda terus dilakukan di seluruh dunia. Tidak hanya memperkuat kerjasama internasional, negara-negara yang banyak menjadi sasaran kelompok teroris ini juga melakukan penanggulangan yang sangat keras.

Salah satunya adalah Australia, yang dikenal menjadi negara yang banyak menjadi tujuan imigran dari Timur Tengah. Baru-baru ini, kepolisian Australia menangkap sesorang pria asal Sydney. Terduga teroris itu ditangkap  karena diduga menjadi anggota kelompok ISIS. Hal itu diketahui setelah pria itu mengunggah retorika ekstremis dan memiliki resep bahan peledak.

“Pria itu telah didakwa dengan keanggotaan sebuah organisasi teroris, yaitu ISIS,” ujar Polisi Federal Australia dan Polisi New South Wales dalam sebuah pernyataan bersama dikutip dari laman republika.co.id., Senin (21/6/2021).

Polisi telah melakukan penyelidikan terhadap pria itu selama tujuh bulan. Pria berusia 24 tahun itu ditangkap pada  Jumat (18/6). Polisi tidak mengungkapkan nama pelaku. Hal ini merupakan sebuah praktik khas di Australia kecuali polisi menganggap identifikasi tersangka demi kepentingan keluarga korban atau publik.

“Tidak ada ancaman berkelanjutan terhadap masyarakat terkait penyelidikan ini,” kata polisi.

Pria itu terancam hukuman 10 tahun penjara jika terbukti bersalah. Polisi mengatakan, pria itu telah mengumpulkan materi yang berkaitan dengan tindakan ekstremis. Selain itu, dia memiliki beberapa resep bahan peledak improvisasi.

“Tindakan orang ini tidak mewakili keyakinan Islam. Tindakannya adalah kriminal dan mewakili kebencian, serta teror,” ujar Komandan Polisi Federal Investigasi Kontra Terorisme, Stephen Dametto.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Telah Baiat ke ISIS, Terduga Teroris Merauke Berencana Bom Gereja dan Kantor Polisi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …