Masjid di Nagorno Karabach hancur akibat perang
Masjid di Nagorno Karabach hancur akibat perang

67 Masjid di Nagorno-Karabakh Akibat Perang Azerbaijan vs Armenia

Baku – Perang antara dua negara pecahan Uni Soviet, Azerbaijan dan Armenia menimbulkan korban yang luar biasa. Korban nyawa berjatuhan dan ribuan bangunan juga hancur, termasuk rumah ibadah.

Dari laporan Trend mengutip dari Azerbaijan National Academy of Sciences (ANAS), 63 dari 67 masjid di Nagorno-Karabakh hancur total, sedangkan empat sisanya hancur sebagian. Nagorno-Karabakh adalah kota tempat pusat pertempuran kedua negara.

 “Data ini diperoleh selama studi kerusakan yang menimpa monumen sejarah dan budaya di tanah pendudukan Azerbaijan. Pekerjaan ini dilakukan atas kerja sama antara Dana Internasional untuk Budaya dan Warisan Turki, Institut Hukum dan Hak Asasi Manusia ANAS dan Komisi Nasional Azerbaijan di UNESCO,” ujar bunyi laporan tersebut, Rabu (11/11/2020).

Ketua Persatuan Publik untuk Perlindungan Monumen Sejarah dan Budaya di Wilayah Pendudukan Azerbaijan Faig Ismayilov, mengatakan pegawai Institut Hukum dan Hak Asasi Manusia ANAS, mencatat 215 monumen sejarah dan budaya rusak di Shusha, 140 di Aghdam, 93 di Jabrayil dan Khojavend masing-masing, Kalbajar sebanyak 91, distrik Lachin  sebanyak 74, Gubadly dan Fuzuli masing-masing 71, Zangilan sebanyak 56 dan Khojaly sebanyak 28 monumen sejarah dan budaya.

Menurut Ismayilov, di antara 903 monumen yang terdaftar secara resmi di wilayah ini terdapat monumen yang memiliki makna lokal dan regional dan internasional. Ada juga 1.647 monumen di wilayah ini yang tidak terdaftar secara resmi.

Ismayilov menegaskan, kerusakan warisan budaya Azerbaijan oleh orang Armenia ke luar negeri diperkirakan mencapai miliaran dolar. Dia juga mengatakan orang Armenia menempatkan khachkars (batu berukir) di wilayah pendudukan, batu nisan Armenia, dan monumen arsitektur Albania.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Budayawan Muslim: Nilai Luhur Leluhur Bangsa Ampuh Lawan Radikalisme dan Anarkisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kiswah kabah

Gantikan Raja Salman, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Cuci Ka’bah

Jakarta – Kain Kiswah atau penutup ka’bah setiap tahunnya diganti, dalam proses pergantian kain Kiswah …

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Wujudkan Kampus Toleran dan Harmoni, Moderasi Beragama Penting Diterapkan di Perguruan Tinggi

Jakarta – Moderasi beragama sangat penting diterapkan di perguruan tinggi agar terwujud tradisi kampus yang …