Masjid Al Aqsa
Masjid Al Aqsa

Antisipasi Serangan Pemukim Yahudi, Umat Islam Diminta Ziarah ke Masjid Al-Aqsa di Hari Suci Arafah

Yerusalem – Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021. Dalam rangkaian Idul Adha atau lebaran haji, umat Islam juga akan melakukan ibadah haji di Mekah dan Madinah, bagi yang mampu. Dan salah satu ritual haji adalah Hari Arafah.

Hari Arafah adalah waktu bagi jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah, mulai dari terbenamnya matahari (waktu zhuhur) tanggal 9 Zulhijah sampai fajar terbit tanggal 10 Zulhijah. Bagi umat islam yang sedang tidak melaksanakan haji, saat hari Arafah disunnahkan untuk melaksanakan Puasa Arafah saat tanggal 9 Zulhijah.

Dalam menyambut Idul Adha dan datangnya Hari Arafah, warga Yerusalem, Palestina, menyerukan kepada umat Islam agar umat Islam berziarah suci ke Masjid Al-Aqsa. Ziarah dilakukan untuk mengusir serangan pemukim pada Hari Suci Arafah yang diperingati umat Islam pekan depan.

Aktivis di Tepi Barat dan Yerusalem telah meminta orang-orang Palestina memastikan kehadiran besar-besaran di Masjid Al Aqsa dan merayakan Hari Raya Idul Adha dan pengasingan di sana pada Hari Arafah.

Menurut media lokal, beberapa kelompok pemukim ekstremis Yahudi menyerukan pemukim menyerbu Masjid Al Aqsa pada Hari Arafah.

 “Kami menyerukan kepada orang-orang melakukan perjalanan ke Masjid Al Aqsa pada Hari Arafah untuk mengusir serbuan pemukim ke dalam Masjid Al-Aqsa yang diberkati,” kata Al-Qastal, pusat jaringan untuk Palestina di Yerusalem melalui cuitannya di akun Twitter, dilansir dari Al Araby via laman ihram.co.id, Minggu (11/7/2021).

Kelompok pemukim Israel, yang didukung oleh pasukan pendudukan, memiliki pola menyerbu Masjid Al Aqsa serta membatasi jamaah Muslim pada hari-hari suci. Seperti yang dilakukan mereka pada Mei lalu, saat umat Islam merayakan Idul Fitri setelah bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Muslim Palestina Sesaki Masjid Al-Aqsa Shalat Jumat Pertama Awal Ramadhan

Selama beberapa hari terakhir, pemukim menyerbu lebih dari satu area di dalam kompleks Al Aqsa, dalam sebuah langkah yang digambarkan sebagai provokatif dan tidak biasa. Untuk pertama kalinya, para pemukim Yahudi mencapai area tembok utara Masjid Al-Aqsa di bawah perlindungan pasukan pendudukan.

Hari Arafah adalah hari libur Islam yang jatuh pada hari ke-9 bulan haji Islam. Ini adalah hari paling suci dalam kalender Islam, hari kedua haji, dan lusa adalah hari pertama hari raya besar Islam Idul Adha.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …