Pengungsi Rohingya di Bangladesh
Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Arab Saudi Tak Akan Pulangkan Pengungsi Muslim Rohingya

Dhaka – Para pengungsi Muslim Rohingya yang telah tinggal di Arab Saudi akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya pemerintah Kerajaan Arab Saudi tidak akan memulangkan mereka kembali ke tempat pengungsian sebelumnya di Bangladesh atau di kampung halaman mereka di Rakhine, Myanmar.

Kabar itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Bangladesh Shahriar Alam setelah kunjungan baru-baru ini ke kerajaan tersebut.

“Arab Saudi tidak mengatakan mereka akan mengirim Muslim Rohingya kembali ke Bangladesh. Dan, tidak ada masalah seperti itu antara kedua negara,” ungkap Shahriar Alam, Jumat (12/3/2021).

Pernyataan itu diungkapkan Shariar Alam merujuk pada pertemuannya baru-baru ini dengan Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir.

Menanggapi pertanyaan tentang apa yang akan dilakukan Bangladesh menyusul seruan Saudi untuk memberikan paspor Bangladesh kepada beberapa orang Rohingya yang tinggal di Arab Saudi, termasuk sekitar 55.000 orang yang kehilangan dokumen mereka atau yang dokumennya telah kedaluwarsa, Menlu mengatakan pemerintah Dhaka akan memberikan atau memperbarui paspor mereka yang memiliki dokumen resmi.

“Kami meminta pemerintah Saudi memberikan detail tentang dokumen, termasuk nomor paspor dan nama karena warga hanya memiliki nomor masuk perbatasan dan kemudian kami akan mengambil tindakan selanjutnya setelah memeriksa dokumen mereka,” ungkap dia.

“Kami akan melakukan pekerjaan bagaimana biasanya kewarganegaraan diverifikasi. Ya, ada beberapa insiden dan celah serta kejadian tidak teratur dalam menyediakan paspor sehingga beberapa orang mendapat paspor dari wilayah Cox’s Bazar dan Chattogram lalu pergi ke Kerajaan. Dan, jika kami bisa mengidentifikasi siapa saja orang Bangladesh yang akan kami berikan kepada mereka paspor Bangladesh,” papar Alam.

“Kami, kedua negara, sedang dan akan tetap terlibat dalam masalah ini,” ungkap dia.

Baca Juga:  Terkait Terorisme, Polisi Bangladesh Tangkap Dai Top Negara Itu

Menurut laporan media pada Januari tahun ini, Duta Besar Arab Saudi untuk Bangladesh Issa Bin Youssef Al-Duhailan mengatakan di Dhaka bahwa pemerintahnya telah mengirimkan daftar sekitar 55.000 orang yang dokumennya hilang atau kedaluwarsa.

Bahkan beberapa waktu lalu, Arab Saudi dikabarkan akan memulangkan 250 Muslim Rohingya kembali ke Bangladesh.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

akhlak rasulullah

Khutbah Jumat – Pentingnya Akhlaq Dalam Bermasyarakat

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …

Ars Vita Alamsyah

Hebat, Muslimah Indonesia Ini Menjadi Salah Satu Ilmuwan di Space-X Milik Elon Musk

Jakarta – Space-X adalah perusahaan multi raksasa milik orang terkaya di dunia, Elon Musk, yang …