ilustrasi
ilustrasi

Begini Cara Muslim Amerika Serikat Tentukan Awal Puasa Ramadhan

TOLEDO – Umat muslim di Toledo, Amerika Serikat akan memastikan awal puasa setelah melihat penampakan hilal, sebuah tradisi yang sejatinya telah lama ada, namun baru dihidupkan kembali pada bulan ramadhan tahun ini. Pengamatan hilal akan dilakukan pada Jumat (1/04/22).

Di Toledo ada sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh umat muslim dalam menunggu awal ramadhan atau menunggu penampakan hilal, umat muslim Toledo akan makan malam secara bersama-sama pada pukul 18.30 sampai pukul 20.00. Di zaman pra-modern di Arab, umat Islam akan melihat bulan sabit untuk menentukan awal Ramadhan.

Setelah itu akan ada pembicaraan tentang tradisi Ramadhan. Terakhir, pada pukul 20.15, akan digelar pengamatan untuk melihat bulan sabit di teras luar Pusat Keislaman Toledo. Pusat keislaman ini pun telah berkoordinasi dengan planetarium Universitas Lourdes, sebagaimana dilansir laman WTOL 11 dan ihram.co.id Selasa (29/3/2022).

Hal itu bertujuan untuk menentukan waktu yang tepat dari kemunculan bulan sabit antara pukul 20.20 dan 20.30. Ahli Meteorologi WTOL 11, John Burchfield mengatakan bahwa langit pada Jumat (1/4) malam nanti tampak berawan. Namun, tentu saja, itu bisa berubah.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan menjadi bulan yang mulia bagi umat Muslim. Selama Ramadhan, bulan di mana Alquran diturunkan, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa dan meningkatkan ibadah-ibadah lainnya.

Di wilayah lain Amerika Serikat, Dewan Kota Minneapolis dengan suara bulat mengeluarkan resolusi yang mengakui bulan Ramadhan dan mendukung kumandang adzan sepanjang tahun, Kamis (24/3/2022). Ini merupakan kebijakan pertama kali dalam sejarah kota.

Anggota Dewan Lingkungan Minneapolis Jamal Osman mempresentasikan resolusi, yang juga menginformasikan kepada pimpinan masjid bahwa mereka berwenang untuk mengumandangkan adzan di lingkungan mereka pada siang hari. Adzan, biasanya sekitar lima menit, menyerukan umat Islam untuk shalat lima waktu setiap hari.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Setelah Gulung Jaringan JAD Makassar dan Merauke, Densus 88 Kembali Ciduk 13 Terduga Teroris di Riau

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …