info sidang isbat lengkap jadwal dan link live streaming
info sidang isbat lengkap jadwal dan link live streaming

Berikut Info Sidang Isbat 2022 Lengkap: Jadwal dan Link Live Streaming

Jakarta – Hari ini Minggu, (01/5/22) Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022.

Sidang isbat akan diselenggarakan oleh di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama. Bagaimana dengan jadwal sidang isbat nanti? Cek infonya di sini.

Info Sidang Isbat 2022: Jadwal Pelaksanaan
Sidang isbat hari ini akan membahas penetapan Hari Raya Idul Fitri 1433 H serta awal bulan Syawal. Melansir dari laman Instagram Bimas Islam Kemenag RI (@bimasislam), jadwal sidang isbat Hari Raya Lebaran 2022 adalah:

Pukul 17.00 WIB: Seminar posisi hilal (terbuka untuk umum melalui Zoom/Live streaming channel Youtube Bimas Islam).
Pukul 18.00 WIB: Sidang isbat, diawali dengan salat Magrib (tertutup untuk umum)
Pukul 19.15 WIB: Telekonferensi pers penetapan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. (Jurnalis dapat mengikuti secara daring melalui siaran TVRI/live streaming medsos Kemenag)

Info sidang isbat 2022 berikutnya adalah link live streaming pelaksanaannya. Sidang isbat 2022 akan dilaksanakan secara hybrid, yakni offline di Auditorium Kemenag dan online lewat zoom. Kemenag juga membagikan link live streaming untuk menyaksikan proses sidang isbat 2022, yaitu:

Link live streaming Youtube Kemenag RI
Link live streaming Youtube Bimas Islam Kemenag
Link live streaming Instagram Kemenag
Link live streaming Twitter Kemenag

Bimas Islam Kemenag: Hilal di Indonesia Sudah Masuk Kriteria MABIMS
Posisi hilal di Indonesia secara hisab saat sidang isbat sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” ucap Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, yang dikutip dari laman detikcom, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga:  Wapres Ma'ruf, Minta BNPT Tetap Waspada Ancaman Radikalisme dan Terorisme

“Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” tambahnya.

Berdasarkan kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Sidang isbat sore ini menggunakan dua metode, yaitu hisab dan rukyat. Tim Unifikasi Kalender Hijriyah akan mempresentasikan posisi hilal Syawal, selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh wilayah Indonesia.

“Rukyat digunakan sebagai konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. Kedua hal yaitu hisab dan konfirmasi pelaksanaan rukyatul hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk selanjutnya diambil keputusan awal Syawal 1443 H,” kata Kamaruddin.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Sholahuddin Al Aiyub

Radikalisme dan Liberalisme Distorsi Pemahaman Agama, Islam Wasathiyah Solusinya.

Jakarta – Radikalisme dan liberalism agama telah mendistorsi pemahaman agama. Karena itu, Islam wasathiyah menjadi …

maulid nabi

Khutbah Jumat – Hubbun Nabi

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …