Masjid Ditutup
Masjid Ditutup

Covid-19 Belum Terkendali, Masjid Bisa Saja Ditutup Lagi

Jakarta – Pandemi virus Corona atau Covid-19 masih belum terkendali di Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini kecenderungan kasus positif baru Covid-19 terus meningkat.

Menyikapi kondisi itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Fase I mulai 17 hingga 30 Juli 2020. Keputusan ini diambil karena persebaran Covid-19 di ibukota masih tinggi.

Menteri Agama Fachrul Razi kondisi ini memang memprihantinkan. Untuk itu, Menag meminta umat Islam di DKI Jakarta dan daerah-daerah lain harus tetap menaati protokol kesehatan agar bisa memutus rantai persebaran Covid-19.

“Imbauan kami, tetap taati protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Menag dikutip dari laman Okezone, Jumat (17/7/2020).

Terkait kemungkinan penutupan kembali masjid dan pelarangan salat berjamaah akibat kondisi akhir-akhir ini, Fachrul Razi menyatakan, langkah itu bisa saja dilakukan meski sampai sekarang belum ada pembahasan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) KH Masdar Farid Mashudi menyatakan sangat mungkin masjid kembali ditutup bila kondisi pandemi ini belum juga menurun.

“Kemungkinan masjid ditutup kembali bisa saja terjadi. Bahkan perlu jika kondisinya tidak ada perkembangan positif yang diharapkan,” tegasnya.

Masdar mengimbau kaum muslimin di seluruh Indonesia terus menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan sunah-sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk terhindar dari wabah Covid-19.

“Umat Islam perlu manjalankan sunah Nabi untuk melakukan wudhu, setiap saat sehabis buang air besar/kecil/kentut/ bangun tidur,” papar KH Masdar.

“Sebagaimana kita tahu bahwa dengan wudhu kita akan selalu mengulang dan mengulang gosok gigi, cuci mulut/berkumur, cuci hidung, cuci muka, cuci tangan, cuci telinga, dan cuci kaki,” lanjut Rois Syuriah PBNU tersebut.

Baca Juga:  Virus Corona Masih Merebak, PP Muhammadiyah Ingatkan Umat Islam Tak Tarawih di Masjid

Insya Allah, imbuhnya, dengan menjalankan sunah atau teladan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, kaum muslimin bisa terhindar dari virus Corona.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …

cc f c b bcbd

Siapa Sangka Ka’bah Pernah Ditutup, Berikut 5 Peristiwa Bersejarah yang Bikin Ka’bah Ditutup

Jakarta – Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia, setiap tahunya jutaan umat muslim berdatangan …