6c38061f 0d60 4100 8de6 c66545ddef26 169
6c38061f 0d60 4100 8de6 c66545ddef26 169

Dubes RI Pastikan Pemerintah Arab Saudi Belum Umumkan Kuota Haji 1442 H

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji untuk tahun 2021 hingga hari ini belum diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi karena masih mempertimbangkan banyak hal, termasuk masih belum meredannya virus Covid- 19. Namun beberapa media telah memberitakan bahwa kuota jamaah haji untuk Indonesia sebanyak 60 juta.

Belum adanya kepastian terkait pengumuman ibadah haji kemudia dipertegas oleh Duta Besar RI  untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel merespons informasi beredarnya ketentuan jumlah jemaah haji 1442 hijriah. Agus menegaskan sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait haji oleh pemerintah Arab Saudi.

“Saat ini telah beredar di berbagai media massa nasional di Indonesia bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan jumlah jemaah haji 1442 H/ 2021 M akan berjumlah 60 ribu orang saja,” kata Agus, dalam keterangan tertulisnya, seperti dilansir dari laman detikcom. Minggu (23/5/2021).

“Media-media tersebut menyatakan bahwa sumber informasi tersebut adalah Surat Edaran Kemenkes Saudi terkait protokol ibadah haji 1442H yang dikutip dari media Arab Saudi,” lanjutnya.

 Agus telah memperoleh salinan dokumen edaran Kemenkes Arab Saudi. Agus mengatakan dokumen yang beredar itu bukan dokumen resmi.

“KBRI telah memperoleh salinan dokumen dengan ekstensi pdf Edaran dengan kop Kemenkes Saudi berjumlah 10 halaman dimaksud dan mengkonfirmasikannya ke Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi. KBRI mendapat jawaban bahwa dokumen tersebut adalah ‘ghair mutamadah’ yakni bukan dokumen resmi yang sah dan dapat dijadikan pegangan. Pantauan KBRI terhadap media-media nasional mainstream di Arab Saudi dan akun-akun medsosnya hingga pukul 14.30 tanggal 23 Mei 2021 tidak didapati satupun yang memberitakannya,” ujarnya.

Oleh karena Agus mengajak umat Islam di Indonesia untuk menunggu pengumuman resmi. Dia mengatakan pemerintah Arab Saudi kini tengah menyiapkan pengumuman resmi.

Baca Juga:  Ini Hikmah Dibalik Musibah Wabah Corona Versi Nadirsyah Hosen

“Dengan demikian kami mengajak umat Islam dan publik di Indonesia untuk menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Kita memahami bahwa Pemerintah Arab Saudi sedang dan terus mempersiapkan skenario terbaik pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan mempertimbangkan segala aspek dan mengutamakan kekhusyuan dan kelancaran beribadah serta keselamatan jiwa Jemaah,” ujarnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …