Seorang wanita mengenakan ihram saat umrah
Seorang wanita mengenakan ihram saat umrah

Gempar, Jemaah Umrah Perempuan Pakai Baju Ihram

Jakarta – Sebuah video memperlihatkan seorang mengenakan baju jalabiah warna putih berjalan di pelataran Masjidil Haram lalu pada detik berikutnya dia mengenakan pakaian ihram dengan memvideokan dirinya, video yang kemudian menjadi viral karena diduga pembuatnya merupakanseorang perempuan asal Malaysia.

Dilansir dari laman detik.com, Minggu (14/8/22). Pemerintah Malaysia menelusuri kebenarannya. Persoalannya, pakaian ihram itu seharusnya dipakai laki-laki.Publik Malaysia menyebut orang itu sebagai perempuan yang mirip laki-laki. Rambutnya pendek, berkacamata dan mengenakan masker berwarna biru dan karena mengenakan ihram, bahunya terekspos. Dia terlihat tengah selfie memvideokan dirinya di dekat Ka’bah.

Menteri Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Malaysia Datuk Idris Ahmad sampai berkomentar melihat video ini. Kalau benar demikian adanya dia berjanji akan menindak tegas orang tersebut.

“Saya prihatin dengan tuduhan yang telah menyebar yang melaporkan seorang wanita melakukan umrah, tetapi mengenakan ihram seorang pria. Masalah ini menyangkut hukum agama. Tindakan tegas akan diambil,” ujarnya.

Kementerian itu menyebut sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri (KDN). Dia meminta KDN untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kedatangan orang tersebut di Malaysia nanti.

“Saya juga telah menghubungi MOTAC (Kementerian Pariwisata Seni dan Budaya Malaysia) untuk memastikan bahwa jika ini benar, tindakan tegas juga akan diberikan kepada agensi yang mengurusi individu tersebut,” ujarnya.

Netizen khususnya publik Malaysia pun langsung bereaksi. Ada yang sampai mendoakan orang itu langsung terkena azab dari Allah SWT.

Dari Arab Saudi, umrah kini sudah bisa dibuka kembali. Jemaah juga sudah bisa beribadah di Masjidil Haram, termasuk mencium Hajar Aswad. Selama ini jemaah dilarang untuk mencium Hajar Aswad untuk mencegah penularan virus Corona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan semua jenis visa untuk bisa melakukan ibadah umrah. Termasuk untuk visa turis juga diizinkan untuk melakukan umrah.

Kementerian Agama Indonesia, menjelaskan saat ini semua jenis visa bisa melakukan umrah di Arab Saudi, artinya orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, juga dapat beribadah umrah.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

TGB Zainul Majdi

Agama Paling Sering Didzalimi Jelang Kontestasi Politik

Surabaya – Mahasiswa dan generasi muda diminta untuk menjaga toleransi dan tidak termakan isu agama …

KH Abun Bunyamin

Gagasan Sesat Fikir, Khilafah Hanya Cara Adu Domba Untuk Tujuan Politik

Purwakarta – Kelompok pengusung ideologi khilafah selalu memanfaatkan momentum untuk dan melancarkan propagandanya. Bahkan, kondisi …