Menag Yaqut Cholil Qoumas
Menag Yaqut Cholil Qoumas

Ikhtiar Batin Hadapi Pandemi Covid-19, Kemenag Gelar Tahlil Nasional ‘Doa Untuk Syuhada’

Jakarta – Pandemi Covid-19 belum juga hilang dari muka bumi. Di Indonesia, penyebaran Covid-19 bahkan tengah menggila. Bahkan jelang Idul Adha kemarin, tingkat keterpaparan harian masyarakat melonjak tajam dan menembuh angka 54 ribu sehari.

Tidak hanya itu, tingkat kematian harian juga sangat tinggi. Kondisi itu memicu kekhawatiran luar biasa. Pemerintah pun telah menetapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3 Juli – 20 Juli dan diperpanjang sampai 26 Juli.

Di tengah kondisi itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Tahlil Nasional bertajuk ‘Doa untuk Syuhada’. Hal tersebut adalah upaya menggerakkan masyarakat untuk melakukan ikhtiar batin dalam menghadapi pandemi Covid-19 terus dilakukan Kementerian Agama.

“Tahlil Nasional menjadi kelanjutan dari ikhtiar batin kita, melangitkan doa dan harapan agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Juga untuk mendoakan yang terbaik bagi para syuhada yang gugur selama pandemi ini,” ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Tahlil Nasional akan dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 22 Juli 2021, pukul 19.00 WIB. Acara ini akan diikuti kementerian/lembaga, para pengasuh dan santri pondok pesantren, pimpinan ormas, penyuluh agama di seluruh Indonesia dan ASN, serta masyarakat umum.

Kementerian Agama akan menyiapkan link webinar dengan kapasitas ribuan agar masyarakat dapat bergabung. Sebagaimana #PrayFromHome, masyarakat diminta untuk mengikutinya dari rumah masing-masing. Acara ini juga akan disiarkan langsung melalui media sosial Kementerian Agama.

“Kami mengundang masyarakat Indonesia, untuk bergabung, bersama-sama melafalkan zikir, tahlil, dan doa pada Kamis malam ini. Mari langitkan doa agar pandemi segera berakhir dan doakan para syuhada yang telah mendahului kita,” ungkap Menag.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Peringati Nuzulul Quran, Khofifah dan Kepala Daerah se-Jatim Khataman Alquran

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …