pekan pertama puasa salat jumat di masjid istiqlal tak berjarak
pekan pertama puasa salat jumat di masjid istiqlal tak berjarak

Ingin Jadi Imam Masjid Di Arab? Ayo Daftar, Kemenag Buka Lowongan Imam Masjid di Uni Emirat Arab.

Jakarta – Indonesia merupakan gudangnya penghafal Al-Quran, hal tersebut tidaklah mengherankan karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar disamping itu juga di Indonesia berdiri ratusan bahkan mungkin jutaan Pondok Pesantren yang khusus mempelajari dan menghafal Al-Quran.

Banyaknya para penghafal Al-Quran dari Indonesia disamping dengan pemahaman ahlussunnah wah jamaah yang kuat membuat negara-negara di Timur Tengah tertarik untuk meminta imam masjid yang akan ditempatkan dibeberapa negara Timur Tengah.

Seleksi imam masjid asal Indonesia untuk penempatan Uni Emirat Arab kembali dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag). Pendaftaran seleksi mulai dibuka besok, Senin (25/4/2022) hingga 7 Mei 2022 mendatang, seperti yang disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

“Kemenag kembali membuka seleksi imam masjid untuk ditugaskan di Uni Emirat Arab. Pendaftaran dibuka dari 25 April hingga 7 Mei 2022. Kita akan menjaring lebih banyak calon imam dari seluruh Indonesia,” kata Kamaruddin melalui keterangan yang dikutip dari laman detikEdu, Minggu (24/4/2022).

Kamaruddin mengungkapkan, penjaringan imam masjid ini akan menargetkan 150 orang imam. Jumlah lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya meloloskan 50 imam saja.

“Tahun 2022 ini ditargetkan akan terseleksi 150 orang imam untuk ditugaskan menjadi duta Indonesia sebagai imam di masjid-masjid di UEA,” tutur dia.

Program ini, disebut Kamaruddin, merupakan wujud kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Uni Emirat Arab. “Termasuk meningkatkan citra Indonesia di mata masyarakat UEA,” katanya.

Program pencarian imam masjid asal Indonesia ini bukan tanpa alasan. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menyebut, imam asal Indonesia yang berpaham ahlus sunnah wal jamaah memang cenderung diminati selain kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an.

Baca Juga:  Masjid Berusia 700 Tahun di Ghana Sangat Menakjubkan, Dibangun Oleh Sahabat Ibrahim Ayuba al-Ansari

“Indonesia ini memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak lembaga pendidikan Islam. Umat Islamnya moderat, berperilaku mulia, pahamnya ahlus sunnah wal jamaah dan cara pikirnya wasatiah (moderat),” terang Adib.

Adapun persyaratan peserta berikut dengan dokumen lengkap program seleksi imam masjid dapat disimak pada ulasan berikut.

A. Persyaratan peserta imam masjid untuk Uni Emirat Arab
1. Hafal Al-Qur’an 30 juz

2. Sehat jasmani dan rohani

3. Menguasai ilmu tajwid (teori dan praktik)

4. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Arab

5. Memahami hukum fikih

6. Memiliki suara yang fasih dan merdu

7. Tidak bergabung dalam partai politik

8. Memiliki keterampilan retorika dakwah dan berkhutbah

9. Berakhlak mulia

10. Memiliki paham ahlus sunnah wal jamaah dengan manhaj wasathiyah

11. Usia minimal 25 tahun atau sudah menikah

B. Dokumen seleksi imam masjid untuk Uni Emirat Arab
Peserta seleksi yang telah memenuhi syarat di atas juga diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan dokumen pendaftaran. Dokumen pendaftaran yang diunggah melalui laman https://bimasislam.kemenag.go.id di antaranya yakni,

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

2. KK (Kartu Keluarga)

3. Ijazah terakhir

4. Sertifikat atau keterangan hafal 30 juz dari lembaga pendidikan atau organisasi tahfidz

5. Rekomendasi dari lembaga pendidikan Islam atau ormas Islam

Adib mengatakan, seleksi akan diselenggarakan secara daring dan luring. Untuk tahapan seleksi berkas administrasi, keseluruhan seleksi dilaksanakan secara daring.

Hasil seleksi berkas akan diumumkan pada 9 Mei 2022 dan dilanjutkan dengan tahapan tes seleksi secara daring pada 10-12 Mei 2022. Bagi peserta yang lolos, peserta akan diminta untuk melanjutkan seleksi pada tahap berikutnya yakni, wawancara secara luring.

“Bagi yang lulus seleksi administrasi, harus mengikuti seleksi wawancara pada 15 Mei 2022 yang digelar secara luring,” jelas Adib.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …