Salat Idul Adha di Masjid
Salat Idul Adha di Masjid

Keluarkan SE Idul Adha, Muhammadiyah: Salat Id di Masjid dan Fasilitas Umum Sebaiknya Ditiadakan

Jakarta – Salat Idul Adha di lapangan atau masjid atau tempat fasilitas umum sebaiknya ditiadakan atau tidak dilaksanakan. Itu merupakan salah satu poin yang terdapat Surat Edaran (SE) Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang imbauan perhatian, kewaspadaan, dan penanganan Covid-19 serta persiapan menghadapI Idul Adha 1442 H yang dikeluarkan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. SE itu ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

“Salat Idul Adha bagi yang menghendaki dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga dengan cara yang sama seperti salat Id di lapangan. Takbir keliling juga tidak disarankan dan sebaiknya dilakukan di rumah,” kata bunyi surat edaran tersebut dikutip dari laman republika.co.id, Minggu (11/7/2021).

Terkait ibadah qurban sebagaimana hukumnya sunah muakkadah, maka bagi Muslim yang telah memiliki kemampuan berqurban dapat dilakukan dengan tata cara sesuai tuntunan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Haedar menyarankan umat Islam yang mampu lebih mengutamakan bersedekah berupa uang daripada menyembelih hewan qurban.

“Bagi mereka yang mampu membantu penanggulangan dampak ekonomi Covid-19 sekaligus mampu berqurban, maka dapat melakukan keduanya. Karena membantu dhuafa dan berqurban keduanya mendapatkan pahala di sisi Allah SWT,” bunyi SE itu lagi.

Namun berdasarkan beberapa dalil, memberi sesuatu yang lebih besar manfaatnya untuk kemaslahatan adalah yang lebih diutamakan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Penyerang Polsek Wonokromo Berubah Setelah Ikut Pengajian Jamaah Cingkrang

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …