Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD

Mahfud MD: Radikalisme Cikal Bakal Terorisme, Moderasi Beragama Harus Ditingkatkan

Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, radikalisme merupakan cikal bakal dari terorisme. Pernyataan itu diucapkan Mahfud MD dalam diskusi Pra-Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

“Wujud dari radikalisme itu ada tiga, pertama sifatnya ideologi yang disampaikan melalui wacana-wacana bahwa negara ini tidak baik harus diganti, negara Pancasila ini telah gagal harus kita ganti dengan negara agama, dan itu masih dalam wacana,” kata Mahfud MD dikutip dari Antaranews, Jumat (18/6/2021).

Karena itu, imbuh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), membumikan nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk mencegah dan menanggulangi semua sikap atau bibit-bibit radikalisme. Pasalnya, berawal radikalisme, levelnya akan meningkat ke leel selanjutnya dengan berubah menjadi sikap intoleran.

Ia menegaskan, radikalisme itu akan sangat berbahaya, bila naik ke level selanjutnya yaitu jihadis. Pasalnya bila pemahamannya sudah jihadis, maka mereka akan menganggap bahwa jihad itu adalah mengangkat senjata membunuh orang yang berbeda karena dianggap kafir.

Mahfud mengungkapkan, wujud dari radikalisme itu ada tiga, pertama sifatnya ideologi yang disampaikan melalui wacana-wacana bahwa negara ini tidak baik harus diganti. Negara Pancasila dinilai telah gagal dan harus kita ganti dengan negara agama.

Ia menjelaskan, sebagai penanggulangan, pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu moderasi beragama yang mengajak seluruh warga negara Indonesia bersikap moderat dalam beragama.

Urusan-urusan yang menjadi konsen bersama diatur secara bersama-sama dalam hukum nasional, tetapi yang bersifat personal seperti ibadah diserahkan kepada personal masing-masing tanpa saling mengganggu.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Semangat Hijrah Untuk Ubah Cara Pandang Primoradialis Menuju ke Nasionalisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …