Yudi Latif
Yudi Latif

Ini Cara Bangun Moderasi Beragama Menurut Mantan Kepala BPIP

Jakarta – Mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif mengatakan moderasi merupakan titik keseimbangan atau kondisi dimana relasi antara kemajemukan tidak saling bertabrakan satu sama lainnya karena berada pada poros yang benar. Karena itu harus ada cara untuk mencari titik moderasi dari segala keragaman agama dan etnik di Indonesia sehingga moderasi beragama itu bisa dibangun dengan baik.

“Indonesia mempunyai Bhinneka Tunggal Ika sehingga setiap individu harus menyadari fakta bahwa keragaman merupakan sunatullah,” ujar Yudi  dalam Webinar moderasi beragama yang diselenggarakan CONVEY Indoensia dan PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (18/6/2021).

“Di balik keragaman itu selalu ada esensi-esensi pokok yang bisa menjadi titik-titik persamaan. Lagi pula kenapa kita harus membentuk negara yang sama kalau semuanya berhenti di perbedaan. Kalau kita ingin membentuk negara yang sama berarti kita harus mencari titik titik persamaan,” imbuh Yudi dikutip dari laman republika.co.id.

Yudi menambahkan bahwa dalam mempelajari multikulturalisme pun tidak boleh fokus pada aspek-aspek perbedaan. Karena itu justru tidak akan mengembangkan moderasi melainkan akan mengembangkan ekstrimisme.

Karena itu, lanjut Yudi, dalam mempelajari multikulturalisme harus lebih banyak menekankan pada aspek-aspek persamaan yang disebut titik-titik moderasi. Selain itu, untuk membangun moderasi beragama maka setiap individu harus mampu mencari titik simplisitas dari kompleksitas. “Menurut saya moderasi agama itu kalau cara kita beragama dalam ekspresi publiknya itu menjalankan nilai-nilai Pancasila,” pungkas Yudi Latif. 

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pemerintah Diminta Tak Tergiur Investasi Miliaran Dolar Untuk Normalisasi Hubungan Dengan Israel

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pasukan pemerintah melintasi masjid di marawi city filipina selatan

Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka Setelah Direnovasi Pasca Pengepungan Kelompok Teroris Daes

MARAWI—Marawi, Filipina sempat mejadi daerah yang sangat berbahaya, daerah yang dikepung oleh pasukan teroris yang …

makanan maulid

Ini 7 Makanan Khas Yang Selalu Hadir Pada Bulan Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak

Jakarta – Masyarakat Indonesia mempunyai cara yang khas dalam menyambut dan merayakan Maulid Nabi Muhammad …