Haji Indonesia
Haji Indonesia

Masya Allah, Antrean Jamaah Haji Indonesia 40 Tahun, Malaysia Lebih Lama Lagi 141 Tahun

Jakarta – Umat Islam Indonesia dan Malaysia harus sama-sama menunggu sampai tua untuk bisa menjalankan ibadah haji ke Mekah dan Madinah. Pasalnya, saat ini, antrean jamaah haji di Indonesia mencapai 40 tahun, sementara Malaysia lebih lama lagi yaitu 141 tahun.

Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia Datuk H Idris bin H Ahmad di sela-sela kunjungan kerjanya di Arab Saudi, Minggu (20/3/2022).

“Malaysia yang setiap tahun di masa sebelum pandemi memberangkatkan 30.000 jamaah haji ke Tanah Suci, sekarang menghadapi antrean jamaah mencapai 141 tahun,” ujar Menag dalam keterangan resminya, Senin (21/3/2022).

Menag mengungkakan, Indonesia dengan keberangkatan 210.000 jamaah sebelum pandemi, antreannya mencapai 40 tahun. Berdasarkan kenyataan itu, Ketum GP Ansor ini mengatakan perlunya pemecahan solusi bersama terkait permasalahan daftar tunggu tersebut. Sebab permasalahan tersebut bukan hal yang mudah.

“Tadi kami bersepakat untuk bersama-sama mencari solusi terbaik agar jamaah haji bisa terlayani dengan baik. Biidznillah,” harap Menag.

Menag Yaqut bersama PM Datuk turut membicarakan beberapa, hal mulai dari biaya haji, masalah kuota haji, hingga umrah di masa pandemi. Pada kesempatan itu, keduanya sepakat membangun sinergi dalam rangka peningkatan layanan haji ke depan.

“Kami sharing pengalaman penyelenggaraan haji sekaligus membangun kolaborasi dalam peningkatan kualitas pelayanan jamaah,” kata Yaqut.

Sebelumnya, Menag Yaqut juga bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah. Pertemuan dua menteri ini berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Jeddah, Arab Saudi.

Menag Yaqut menginformasikan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji 1443/2022 dari luar Arab Saudi. Namun dirinya belum dapat memastikan besarab kuota haji untuk jamaah Indonesia.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Inilah Doa Menag di Upacara Kemerdekaan RI

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy

Organisasi Keagamaan Dapat Berperan Sebagai Pusat Pengembangan Narasi Moderasi Beragama

Surabaya – Moderasi beragama adalah jalan terbaik untuk mewujudkan Indonesia yang damai dan kuat ditengah …

Brigjen Ahmad Nurwakhid pada Tabligh Akbar JATMAN DIY dan Jawa Tengah

JATMAN Mitra Strategis BNPT Jalankan Kebijakan Pentahelix

Sleman – Badan Nasional Pdnanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya menjalankan program kebijakan Pentahelix dalam penanggulangan …