Prof Amany Lubis
Prof Amany Lubis

Muslimah Berpotensi Besar Kembangkan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Tengah Pandemi

Jakarta – Kaum Muslimah berpotensi besar untuk mengembangkan pemberadayaan ekonomi umat di tengah pandemi Covid-19. Hal itu seiring dengan perkembangan dunia digital sehingga praktik jual beli via online sangat marak.

Hal itu dikatakan oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis dalam webinar  Workshop Muslimah Entrepreneur , Senin (30/8/2021) yang diselenggarakan Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurutnya, sudah banyak bukti keberhasilan Muslimah menjadi entrepeneur sukses terutama dengan berjualan secara online.

“Potensi untuk pengembangan ekonomi, home industry, atau ekonomi umat di pelosok Indonesia ini sangat besar. Jadi banyak produk hasil bumi Indonesia yang bisa diolah dan dikembangkan menjadi sumber usaha,” ujar Prof Amany dikutip dari laman resmi MUI, Rabu (1/9/2021).

Prof Amany menambahkan, pemberdayaan ekonomi di kalangan muslimah maupun umat perlu didorong. Sebab, saat ini setiap dari umat  harus mengambil peran dengan berkontribusi secara positif.

“Kita harus berkontribusi secara positif kepada keluarga dan masyarakat. (Untuk) akhirnya nanti bangsa Indonesia turut terjaga makmur sejahtera,” ungkapnya.

Dikatakan Prof Amany, selain bertujuan menjaga tingkat kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan ekonomi kepada para muslimah juga dapat menjadi upaya penting di masa pandemi ini. Prof Amany meyakini dampak pandemi yang begitu dahsyat bisa dilewati apabila kesejahteraan masyarakat turut terjaga.

Dia mengingatkan bahwa upaya pemberdayaan harus diupayakan secara bersama. Pemberdayaan di bidang entrepreneurship kepada perempuan juga harus beradaptasi dengan situasi yang ada. Ia menuturkan pentingnya mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam upaya pemberdayaan ekonomi, khususnya agar tercipta ekonomi yang bersifat digital.

“Kreativitas dan inovasi (harus) kita kembangkan agar kita bisa melaksanakan kemandirian ekonomi bersifat digital,” katanya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Polisi Malaysia Buru Pria Yang Murtadkan Wanita Muslim

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …