garis polisi ilustrasi
garis polisi ilustrasi

Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar, Berhasil Ditangkap Polisi

MAKASSAR – Mimbar Masjid Raya Makassar tiba-tiba dibakar oleh orang yang tidak dikenal, kejadian tersebut mengejutkan pengurus masjid dan warga, seorang pelaku berhasil melarikan diri, namun setelah dilakukan pengejaran pelaku berhasil diamankan untuk dimintai pertanggungjawaban atas perbuatanya.

Pria yang menjadi pelaku pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar berhasil ditangkap pada Sabtu (25/9) dini hari. Pelaku berinisial KB (27) ditangkap diwilayah Tinumbu oleh Tim Jatanras Polrestabes Makassar.

Tim Jatanras Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, menangkap pelaku pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar pada Sabtu (25/9) dini hari. Pelaku berinisial KB (27) ditangkap di wilayah Tinumbu.

“Tim telah melakukan pengejaran. Dan pada pukul 14.00 WITA, kami mendapat informasi pelaku berada di wilayah Tinumbu. Tim bergerak ke sana dan berhasil membekuknya,” ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Witnu Urip Laksana, seperti dikutip dari laman republika.co.id Sabtu (25).

Penangkapan pelaku tersebut dari laporan dan informasi diterima, serta hasil dari olah tempat kejadian perkara (TKP) serta memeriksa saksi-saksi. Dari pemeriksaan saksi awal dan tangkapan rekaman CCTV masjid berhasil identifikasi dilakukan oleh pelaku. Selain itu, hasil olah TKP Tim Labolatorium Forensik menemukan adanya sisa pembakaran diduga botol berisi cairan minyak tanah.

“Kita sudah tetapkan sebagai tersangka. Kita kenakan pasal 187 ayat 1 dan 2 KHUPidana ancaman hukuman di atas 15 tahun penjara, yaitu perbuatan sengaja membakar,” kata Witnu.

Sedangkan barang bukti yang diamankan seperti sajadah yang sudah terbakar. Sebab, sajadah tersebut digunakan pelaku untuk membakar hingga cepat terbakar. Potongan mimbar sudah terbakar, serta kitab suci diamankan karena berada dekat dengan mimbar.

Sebelumnya, kebakaran mimbar di masjid tersebut terjadi pada Sabtu, 25 September 2012 sekitar pukul 01.17 WITA dini hari tadi. Salah seorang laki-laki sempat terekam CCTV, ketika menutup kamera pengintai itu lalu kemudian membakar mimbar masjid.

Baca Juga:  Di Malaysia Tak Ada Penceramah Boleh Berceramah Tanpa Ada Serfikat dari Pemerintah

Aksi itu sempat dilihat warga sekitar lalu memanggil penjaga masjid untuk memadamkan api. Sempat terlihat terduga pelaku meloncat pagar masjid usai menjalankan aksinya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tim dari kepolisian setempat sementara mengejar pelaku yang telah melarikan diri.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …