seorang petugas menunjukan kondisi lengang disekitar kabah saat ibadah 201103161818 917
seorang petugas menunjukan kondisi lengang disekitar kabah saat ibadah 201103161818 917

Pemerintah Batal Berangkatkan Calon Jamaah Haji 2021, 15 Calon Haji Tulungagung Tarik Biaya Pelunasan

TULUNGAGUNG – 15 orang calon jamaah haji asal Tulungagung, Jawa Timur telah menarik dana pelunasan keberangkatan haji, hal tersebut dilakukan karena pemerintah Indonesia telah secara resmi melakukan pembatalan pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2021.

Pembatalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia setelah mencermati perkembangan virus Corona yang belum dapat ditangani dengan baik dan cenderung curvanya naik turun sehingga dengan mempertimbangkan keselamatan dan calon jamaah maka diputuskan tidak dilakukan pemberangkatan calon jamaag haji ke tanah suci Makkah.

“Ya, sampai saat ini sudah ada 15 jamaah calon haji yang menarik kembali uang pelunasannya,” kata Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Tulungagung Imam Saerozi, seperti dikutip dari laman ihram.co.id Kamis (10/6).

Besaran biaya pelunasan yang ditarik sekitar Rp 11 juta setiap calon haji. Ia mengatakan penarikan kembali biaya pelunasan tidak akan memengaruhi jadwal keberangkatan sesuai porsinya asal penarikan dana sebatas biaya pelunasan dan tidak termasuk biaya pendaftaran sebesar Rp 25 juta.

“Kalau yang diambil hanya biaya pelunasan tidak masalah, tapi kalau biaya pendaftaran sebesar Rp 25 juta juga diambil itu berarti membatalkan pendaftaran,” ujarnya.

Tahun ini, 996 calon haji dari daerah itu dijadwalkan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Arab Saudi. Mayoritas dari mereka merupakan calon jamaah haji yang masuk porsi keberangkatan periode 2020.

Saat itu, pemerintah juga memutuskan tidak mengirim calon haji dengan alasan darurat Covid-19 sehingga mereka dijadwalkan berangkat tahun ini. “Jadi jamaah ini sudah tertunda dua kali berangkat haji,” ujarnya.

Dia menjelaskan calon haji yang telah mengambil biaya pelunasan ini tetap bisa berangkat haji sesuai porsinya. Mereka tetap masuk dalam kuota jamaah yang rencananya diberangkatkan tahun depan.

Baca Juga:  Batal Berangkat Haji, Ini Fatwa MUI Terkait Dana Calon Jamaah Haji

Jamaah tersebut cukup membayar pelunasan biaya haji kembali jika masih ingin berangkat. Saat ini, daftar antrean untuk berangkat haji dari Tulungagung 31 tahun. Calon haji yang mendaftar tahun ini diperkirakan baru berangkat pada 2052.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …