salat idul fitri 1
salat idul fitri 1

Pemkot Solo dan Depok Resmi Larang Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

Jakarta – Pemerinta Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah (Jateng) dan Depok resmi melarang pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid dan lapangan, atau tempat-tempat umum lainnya. Pandemi virus Corona atau COVID-19 mengharuskan seluruh kegiatan ibadah harus dilakukan di rumah dan menghindari dilakukan dengan berkelompok dalam jumlah besar, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Seperti salat Jumat dan Tarawih kan kita imbau tidak mengadakan. Salat Idul Fitri juga sama, kita tidak mengeluarkan izin untuk salat di jalan atau di lapangan,” kata Sekda Kota Solo, Ahyani dikutip dari laman detikcom, Jumat (15/5/2020).

Dia berharap takmir-takmir masjid di Solo mematuhi imbauan MUI. Sebab, selama ini masih ada saja masjid yang menggelar salat Jumat dan Tarawih.

“Di kampung-kampung masih ada yang seperti itu. Tapi kami juga tidak bisa melarang tegas. Dari Kemenag juga selalu turun untuk mengimbau takmir masjid,” terangnya.

Namun, Ahyani masih memperbolehkan pelaksanaan takbiran di malam Lebaran. Asalkan, takbiran hanya digelar di dalam masjid dengan peserta terbatas.

Hal yang sama dilakukan Pemkot Depok, Jawa Barat (Jabar) juga resmi melarang salat Idul Fitri 1441 Hijriah untuk dilaksanakan secara berjamaah di masjid, mushola ataupun lapangan, namun dilakukan di rumah masing-masing.

“Kami sepakat penyelenggaraan Salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah dengan keluarga inti saja,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/5).

Keputusan tersebut kata Idris merupakan kesepakatan rapat bersama antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Forkopimda Kota Depok, MUI Kota Depok, Komisi Fatwa MUI Kota Depok dan Dewan Pakar.

“Semua ini dilakukan untuk kemaslahatan dan keselamatan warga, mengingat penyebaran kasus COVID-19 masih terjadi di seluruh wilayah Kota Depok,” katanya.

Baca Juga:  Suara Adzan Di Jakarta Menjadi Sorotan Media Internasional: Ketakwaan atau Kebisingan?

Idris mengatakan telah diterbitkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Kota Depok Nomor 03 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Salat Idul Fitri Dalam Situasi Wabah Covid-19 di Kota Depok, yang memutuskan bahwa Salat Idul Fitri pada tahun 1441 Hijriah di Wilayah Kota Depok diselenggarakan di rumah masing-masing, baik secara berjamaah bersama keluarga inti maupun secara sendiri-sendiri (munfarid).

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …

cc f c b bcbd

Siapa Sangka Ka’bah Pernah Ditutup, Berikut 5 Peristiwa Bersejarah yang Bikin Ka’bah Ditutup

Jakarta – Ka’bah merupakan kiblat umat muslim seluruh dunia, setiap tahunya jutaan umat muslim berdatangan …