Rumadi Ahmad
Rumadi Ahmad

Penceramah Radikal, KSP: Peringatan Presiden Agar Waspada, Bukan Debat Soal Ciri

Jakarta – Pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar keluarga besar TNI-Polri tidak mengundang penceramah radikal dalam kegiatan pengajian saat Rapim TNI-Polri pekan lalu, menimbulkan pro dan kontra. Kalangan DPR RI setuju dengan pernyataan itu, bahkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah mengeluarkan indikator penceramah radikal.

Berbeda dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), melalui Sekjen MUI Amirsyah Tambunan yang menilai mempertanyakan penyebutan penceramah radikal tersebut. Tidak hanya itu, Amirsyah juga menilai BNPT blunder yang menyebutkan ciri-ciri penceramah radikal.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Rumadi Ahmad menekankan pernyataan Presiden Joko Widodo terkait penceramah radikal tersebut merupakan hal faktual dan bukan mengada-ada.

“Pernyataan Presiden sangat jelas. Tidak ada yang simpang siur, karena masalah radikalisme ini hal yang faktual, bukan mengada-ada,” kata Rumadi dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Berkaitan dengan beredarnya daftar nama penceramah radikal di media sosial, Rumadi menekankan pemerintah tidak pernah merilis daftar nama penceramah yang dianggap radikal. Dia meminta masyarakat tidak terpancing dengan informasi yang belum jelas sumbernya.

“Saya tidak tahu dari mana asalnya. Yang jelas pemerintah tidak pernah menyebutkan soal nama,” tegas Rumadi.

Menurut dia, yang terpenting saat ini bagaimana masyarakat bisa lebih hati-hati dan selektif dalam mengundang penceramah, dan tidak lagi memperdebatkan soal ciri penceramah radikal, apalagi nama.

“Apa yang disampaikan bapak Presiden adalah pesan untuk semua kelompok, agar lebih hati-hati dalam mengundang penceramah. Bukan memperdebatkan soal ciri atau nama,” tegas Rumadi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Lagi, Sebuah Gereja Diubah Jadi Masjid di Turki

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Sholahuddin Al Aiyub

Radikalisme dan Liberalisme Distorsi Pemahaman Agama, Islam Wasathiyah Solusinya.

Jakarta – Radikalisme dan liberalism agama telah mendistorsi pemahaman agama. Karena itu, Islam wasathiyah menjadi …

maulid nabi

Khutbah Jumat – Hubbun Nabi

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …