ilustrasi ledakan
ilustrasi ledakan

Pihak Keamanan Irak Berhasil Tangkap Sel Teroris Pelaku Ledakan di Baghdad

BAGHDAD – Irak telah berhasil mengusir kelompok teroris ISIS dari wilayah mereka, setelah melalui pertempuran yang melelahkan dan banyak menelan korban baik materi maupun non-materi. Namun demikian, sel-sel kelompok teroris ISIS masih benyak berkeliaran dan melakukan kerusakan dengan meledakkan bom.

Beberapa waktu yang lalu, sebuah bom meledak di pasar Al – Woheilar di kota Badr, Irak. Ledakan tersebut menyebutkan 30 orang meninggal dan pihak yang menyatakan bertanggungjawab adalah kelompok teroris ISIS. Tidak membutuhkan waktu yang lama hingga kemudian pihak kepolisian Irak berhasil menangkap mereka.

“Kami telah menangkap semua anggota sel teroris pengecut yang merencanakan dan melakukan serangan di pasar Al-Woheilat di Kota Sadr di ibu kota. Mereka akan diadili hari ini,” kata Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhemi pada Sabtu (24/7), dikutip laman Al Arabiya dan republika.co.id

Pada Senin (19/7) lalu, seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di lingkungan pasar di kota Sadr, Baghdad. Aksi itu mengakibatkan 35 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Korban meninggal termasuk wanita serta anak-anak.

Serangan itu menuai kecaman keras karena dilakukan pada malam menjelang Idul Adha. Kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut. Presiden Irak Barham Salih menyebut pemboman itu sebagai kejahatan keji.

“Mereka menargetkan warga sipil kami di kota Sadr pada malam Idul Adha. Mereka tidak mengizinkan orang-orang bersukacita, bahkan untuk sesaat,” ujar Salih lewat akun Twitter pribadinya. Serangan bom yang menargetkan pasar padat pengunjung telah terjadi sebanyak tiga kali sepanjang tahun ini di Irak. Pada April lalu, setidaknya empat orang tewas dalam serangan bom mobil di kota Sadr. Bahan peledak dipasang pada mobil yang diparkir di pasar. 

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kelompok Teroris ISIS Bunuh 11 Penambang Pakistan

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

020437300 1629024024 830 556

Ini 3 Ayat Alquran Isyaratkan Nasionalisme dan Cinta Tanah Air

Jakarta – Memahami teks-teks Alquran tidaklah mudah, dibutuhkan keilmuan yang mumpuni, bukan sekedar ilmu bahasa, …

umat muslim bersiap melakukan sholat berjamaah dengan menerapkan protokol

Fenomena Mana Dalilnya & Pentingnya Belajar Alquran Secara Baik

JAKARTA – Al-Quran bukan hanya sekedar kitab suci yang bertuliskan perintah dan larangan, namun juga …