Pengumuman Muktamar ke NU kembali digelar ke jadwal awal Desember
Pengumuman Muktamar ke NU kembali digelar ke jadwal awal Desember

PPKM Level 3 Nataru Batal, Muktamar ke-34 NU Digelar Sesuai Jadwal Semula

Jakarta – Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) akhirnya akan digelar sesuai jadwal semula, 23-25 Desember 2021 di Lampung. Keputusan diambil setelah pemerintah membatalkan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Sebagaimana hasil Munas Alim Ulama dan Nonbes NU tanggal 26 September yang lalu, maka pelaksanaan Muktamar NU ke-34 di Lampung tanggal 23-25 Desember insyaallah akan dapat berjalan Muktamar NU bersama kita semua,” kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di kantor PBNU, Jl Salemba Raya, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Dia mengatakan keputusan ini dibuat tak terlepas dari kebijakan pemerintah yang membatalkan penerapan PPKM level 3 di seluruh daerah di masa libur Nataru.

“Wabah virus COVID-19 perkembangannya semakin membaik sehingga pemerintah menarik kembali kebijakan PPKM level 3,” katanya.

Dalam pengumuman ini, turut hadir Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, hingga Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Diketahui, Said Aqil dan Yahya Staquf adalah dua kandidat calon ketua umum PBNU yang bersaing dalam Muktamar NU ke-34.

Pelaksanaan Muktamar ke-34 NU sempat memanas. Saat pemerintah mengumumkan akan menerapkan PPKM Level 3 saat Nataru, PBNU langsung menggelar dan memutuskan mengubah jadwal muktamar. Jadwal inilah yang menjadi pangkal masalahnya.

PBNU rencananya mengubah jadwal pada akhir Januari 2021, namun itu ditentang oleh sebagian PWNU, terutama pendukung calon ketua umum KH Yahya Cholil Staquf. Melalui juru bicaranya Saifulah Yusuf atau Gus Iful, mereka meminta muktamar dimajukan 17 Desember. Bahkan kubu ini sempat akan menggelar Konbes NU ulang, Selasa (7/12/2021), untuk menentukan jadwal muktamar.

Namun setelah pemerintah membatalkan penerapan PPKM level, semua kontroversi itu akhirnya reda dan jadwal Muktamar kembali ke jadwal awal, 23-25 Agustus 2021 di Lampung.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Gelar Tahlil, Lakpesdam PBNU: Buya Syafii Tak Hanya Milik Muhammadiyah,  Tapi Milik Semua Golongan Islam

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dir Cegah BNPT Brigjen R Ahmad Nurwakhid di Universitas Pembangunan Panca Budi

Doktrin Kelompok Radikal Selalu Benturkan Agama dan Budaya, Agama dan Pancasila

Medan – Radikalisme adalah paham yang menjiwai semua aksi terorisme. Mereka selalu mendoktrin, membenturkan agama …

ilustrasi al quran

Khutbah Jumat – Menjalani Kehidupan Dalam Tuntunan Agama

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …