Toa Yaqut dan anjing menggongong
Toa Yaqut dan anjing menggongong

Suara Azan Dibandingkan dengan Gonggongan Anjing, Kiai Cholil: Hendaknya Pejabat Santun

Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kembali membuat gaduh. Kali ini, Yaqut dalam sebuah video wawancara membandingkan toa (pengeras suara) di masjid dengan gonggongan anjing. Pernyataan itu menindaklanjuti dikeluarkannya Surat Edaran (SE) tentang penggunaan toa dan masjid  dan musala.

Akun Twitter, @BoesthamiA termasuk yang mengunggah hasil wawancara Yaqut terkait pembatasan penggunaan toa. “Misal depan belakang pelihara anjing semua, menggonggong dalam waktu bersamaan. Kita ini terganggu gak?” ucap Yaqut di Balai Serindit, Komplek Gubernuran, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (23/2/2022), dikutip di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Menurut Yaqut, apapun suara, termasuk azan yang keluar dari pengeras suara dianggap mengganggu maka harus diatur. Hal itu dilakukan agar tidak menjadi gangguan bagi orang lain. Kebijakan itu juga agar masyarakat agama lain tidak terganggu toa masjid.

Pernyataan Yaqut yang membandingkan gongongan anjing dengan suara azan melalui toa, langsung berbuntut kontroversi. Bahkan Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini banyak mendukung kebijakan Menag, langsung melancarkan protes keras.

“Ya Allah.., ya Allah.., ya Allah. Kadang malas berkomentar soal membandingkan sesuatu yang suci dan baik dengan suara hewan najis mughallazhah,” ucap Cholil berusaha menahan diri dikutip dari laman Republika.co.id, Kamis (24/2/2022).

Menurut dia, hendaknya seorang pejabat bisa menyampaikan sesuatu kepada publik dengan bahasa santun. Cholil pun berdoa kepada Sang Pencipta agar semua masyarakat mendapat perlindungan dari masalah yang sedang dihadapi.

“Karena itu bukan soal kinerja, tapi soal kepantasan di ruang publik oleh pejabat publik. Mudah-mudahan Allah mengampuni dan melindungi kita semua,” ucap Cholil.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kasus Kekerasan, Orang Tua Diimbau Tak Perlu Takut Masukkan Anak ke Pesantren

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …